Gizi Anak Sudah Baik, Masih Perlukah Imunisasi?

Ilustrasi imunisasi.
Sumber :
  • Pixabay/dfuhlert

VIVA – Pemahaman masyarakat tentang pentingnya imunisasi di Indonesia masih terbilang rendah. Belum lagi banyaknya informasi tidak benar mengenai imunisasi yang tersebar di masyarakat. Hal ini membuat orangtua enggan untuk memberikan imunisasi kepada anaknya. 

Dokter Anak Internasional Gelar Workshop Champion Imunisasi, Ini Manfaatnya untuk Anak Indonesia

Selain itu, banyak juga orangtua yang menganggap bahwa nutrisi dan gizi anak mereka sudah baik, sehingga mereka tidak perlu lagi mendapatkan imunisasi. Namun benarkah anggapan tersebut?

"Jika anak nutrisi dan gizinya sudah baik, itu sebenarnya sudah baik. Tapi tetap harus dilengkapi dengan imunisasi," ungkap Satgas Imunisasi Ikatan Dokter Anak Indonesia. Prof. Dr. dr. Soedjatmiko, SpA(K), MSi, saat ditemui di kawasan Setia Budi, Jakarta Selatan, Selasa, 22 April 2019. 

Kenali Manfaat dan Pentingnya Imunisasi Lengkap untuk Anak

Ia menjelaskan, perlindungan yang bersifat spesifik terhadap penyakit-penyakit berbahaya hanya didapatkan melalui imunisasi. Ini karena pemberian imunisasi dapat merangsang kekebalan spesifik yang efektif mencegah penyakit berat.

"Imunisasi berperan penting untuk melindungi bayi dan anak dari berbagai penyakit karena dapat meningkatkan kekebalan tubuh bayi dan anak agar mampu melawan penyakit-penyakit menular yang berbahaya," kata Soedjatmiko. 

Lebih dari Sekedar Antar ke Posyandu, Ini Peran Penting Ayah untuk Kesehatan Anak

Menurutnya, anak yang tidak mendapatkan imunisasi lengkap berpotensi tidak memiliki kekebalan yang spesifik terhadap suatu penyakit. Sehingga dapat menyebabkan sakit berat, cacat, bahkan meninggal dunia.

"Makanya pemberian imunisasi rutin lengkap yang disertai dengan pemenuhan nutrisi yang tepat bersama-sama dapat mencegah penyakit dan mendukung tumbuh kembang yang optimal," ungkap dia. (rna)

Suntik vaksin

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

Vaksin merupakan salah satu penemuan yang paling ampuh dalam mencegah sebuah penyakit yang selama ini ditakuti. Dan imunisasi global juga telah menyelamatkan154 juta jiwa

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024