Cara Lukman Sardi Jaga Mental dan Perilaku Buah Hati

Lukman Sardi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nuvola Gloria

VIVA – Kasus perisakan atau bullying yang menimpa anak-anak di usia sekolah akhir-akhir ini semakin banyak terjadi. Hal tersebut menjadi kekhawatiran tersendiri bagi banyak orangtua.

8 Bintang Indonesia Bicara Arti Eksekutif, Antara Gaya Hidup dan Makna Mendalam

Misalnya, aktor Lukman Sardi. Ayah tiga anak itu mengatakan bahwa kasus kekerasan terhadap anak yang dilakukan oleh teman seusianya bisa saja terjadi karena dampak buruk dari media sosial.

“Zaman sekarang itu bisa terjadi, apalagi melalui media sosial. Bukan hanya sekadar ia menjadi korban kekerasan, tetapi melalui media sosial bisa juga membuat anak melakukan kekerasan,” ucap Lukman di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa 23 April 2019.

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

Salah satu cara yang bisa dilakukan orangtua untuk menjaga mental dan perilaku anak adalah dengan memantau media sosial dan tontonannya. Karena menurut Lukman, tontonan sangat berpengaruh terhadap mental anak.

Perdana Main Film, Ruth Sahanaya Langsung Ketagihan

“Salah satunya mem-protect hal-hal yang akan ditonton anak-anak. Apapun yang ingin ia tonton, tidak akan ada di handphone. Semuanya harus ditonton lewat layar televisi di ruang keluarga. Jadi kita bisa melihat apa saja yang anak-anak tonton,” kata pria 47 tahun ini.

Selain tontonan, aktor kelahiran Jakarta itu juga mengatakan bahwa orangtua harus lebih memperhatikan apa yang di-download anaknya melalui telepon genggam mereka.

“Jadi kita bisa melihat apa saja yang anak-anak tonton atau mengunggah aplikasi apa, itu connect ke family link, jadi harus minta izin kita dulu. Dia harus menulis password dan connect-nya cuma bisa pakai password yang kita punya,” tutur Lukman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya