3 Cara Mudah Jaga Kelembapan Kulit Bayi

Ilustrasi bayi
Sumber :
  • Pexels

VIVA – Suhu yang panas di Indonesia membuat kulit bayi yang masih sensitif semakin memicu permasalahan di beberapa bagian tubuhnya. Tak sedikit yang mengalami ruam, gatal, hingga kulit yang iritasi sehingga membuat si kecil tidak nyaman.

Manfaat Ekstrak Daun Teh pada Kulit Bayi, Cegah Gatal hingga Radang

Untuk mencegah kulit semakin tidak nyaman akibat kondisi tersebut serta suhu yang panas, sebaiknya para orangtua menghindari penanganannya dengan bahan kimia. Pemakaian produk kulit bayi dengan kandungan dasar bahan alami, lebih ampuh menjaga kelembapan kulit si kecil yang masih sensitif.

Nah, berikut beberapa tips sederhana untuk para orangtua dalam menjaga kelembapan kulit si kecil di tengah suhu panas yang melanda, dilansir dari laman The Health Site, Jumat, 26 April 2019.

Jangan Asal Oleskan Minyak Telon Pada Bayi, Ini Saran Dokter

1. Bahan alami

Sabun, lotion, maupun krim untuk bayi disarankan dengan menggunakan bahan alami atau produk dengan kandungan bahan alami. Pilihan bahan tersebut, yaitu dengan efek memberi sensasi dingin dan menyegarkan pada kulit.

Mengenal Dermatitis Atopik, Penyakit Kulit yang Rentan Diidap Si Kecil

Bahan-bahan alami tersebut seperti aloe vera, minyak lemon, dan minyak almond yang membantu menjaga kelembapan kulit serta menghindari rasa panas akibat suhu di luar. Tentunya, hal ini bisa mengurangi rasa tidak nyaman yang dirasakan pada kulit bayi.

2. Mandi dengan air segar

Saat mandi adalah saat yang tepat mengaplikasikan sabun berbahan alami tersebut seperti semangka atau minyak lemon. Kandungan bahan alami yang berpadu dengan air segar, dapat bekerja dengan baik dalam membantu menjaga kelembapan alami kulit sensitif bayi serta memicu perbaikan pada ruam atau kemerahan yang timbul.

3. Jaga suhu tubuh

Untuk anak yang sudah mengonsumsi makanan selain air susu ibu (ASI), konsumsi buah-buahan mampu menjaga tubuh bayi untuk menjaga suhu tubuh dan membuat kulit tetap alami. Pilihan sayur mayur segar juga ampuh mencegah dehidrasi, sehingga suhu tubuh si kecil tetap terjaga.(rna)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya