Cara Praktis Cegah Stunting pada Si Kecil

Kampanye cegah stunting di Bundaran HI, Jakarta.
Sumber :
  • VIVA/Aiz Budhi

VIVA – Cegah stunting pada anak membutuhkan peran orangtua khususnya ibu. Melalui gizi yang tepat serta informasi yang akurat, para ibu bisa cegah stunting pada anak dengan cara mudah.

Kemenag Bekali Pelatihan Guru dan Pengawasan RA untuk Cegah Stunting Melalui PAUD HI

Pertama, upaya pemenuhan gizi lengkap terutama pada dua tahun pertama kehidupan, untuk cegah anak bebas stunting. Setelah masa menyusui, orang tua dianjurkan untuk terus penuhi gizi anak melalui konsumsi makanan bergizi seimbang.

"Salah satu zat gizi terpenting yang harus dipenuhi oleh anak adalah protein hewani, di mana konsumsinya saat ini masih rendah, salah satu alternatif cara untuk memenuhinya adalah dengan menyediakan susu bubuk pertumbuhan yang memiliki berbagai manfaat gizi yang dibutuhkan oleh anak," ujar Ahli gizi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Dr. Ir. Asih Setiarini, M.Sc., dikutip dari siaran pers Frisian Flag, Kamis, 2 Mei 2019.

Jokowi: Indonesia Succeeded in Reducing Stunting Rate

Asih juga menekankan pentingnya orangtua memahami pendidikan kesehatan dan literasi pengetahuan dasar dalam mengaplikasikan gaya hidup yang sehat untuk mencegah stunting. Hal ini juga bermanfaat ùntuk meningkatkan status kesehatan anak dalam membangun masa depan anak dan keluarga yang kuat.

"Untuk membantu mengatasi isu stunting, Kami ingin berperan aktif meningkatkan peran Ibu dalam mendorong tumbuh kembang anak-anaknya melalui gerakan yang memberdayakan Ibu agar punya semangat dan sikap ‘semua bisa’,” kata Specialized Nutrition Director PT Frisian Flag Indonesia, Rivanda Idiyanto di kesempatan yang sama.

Jokowi Bersyukur Angka Stunting Turun dari 37 Persen Menjadi 21 Persen

Gerakan Ibu #SekarangSemuaBisa ini, lanjut dia, untuk memberdayakan perempuan, khususnya Ibu, dengan mengangkat pentingnya peranan Ibu dalam memaksimalkan potensi mereka untuk memastikan kecukupan gizi anak.

Dalam kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan dalam Gerakan Ibu #SekarangSemuaBisa, memberikan pemahaman dalam meningkatkan perannya dan kesadaran akan pentingnya gizi bagi pertumbuhan anak-anak, serta mengasah kreativitas Ibu dalam menyikapi tantangan hidup sehari-hari.

"Melalui berbagai konten lifehacks yang merupakan tip-tip praktis nan kreatif yang diajarkan oleh para profesional, Frisian Flag Indonesia ingin membantu memberdayakan para Ibu menjadi serba bisa dan punya semangat ‘I can do’ dalam menyikapi tantangan kehidupan sehari-hari dan terus menghadirkan hal-hal baik untuk membantu anak-anaknya mewujudkan mimpi,” ujar Rivanda.

Gerakan Ibu #SekarangSemuaBisa akan menjangkau 350 titik posyandu dan melibatkan Ibu-ibu anggota PKK, Kader Posyandu serta ibu-ibu di komunitas posyandu.

Nantinya, kegiatan tersebut akan meliputi aktivitas edukasi, berbagi pengalaman serta aktivitas menyenangkan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Pemberian pemahaman terkait penggunaan sosial media juga dilakukan agar literasi digital para Ibu Indonesia semakin baik dan bijak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya