Konsumsi Susu Bikin Gemuk, Benarkah?

Ilustrasi susu
Sumber :
  • Pixabay/falovelykids

VIVA – Saat tengah melakukan diet, banyak orang kerap menghindari asupan susu. Mereka menganggap bahwa susu memiliki kandungan lemak dan kalori yang tinggi. Sehingga, hal ini justru akan membuat mereka tambah gemuk. 

Narkoba Disamarkan Sebagai Susu! Pelajar Ditangkap di Bandara

Namun, benarkah anggapan tersebut? Menurut Spesialis Gizi Klinis, dr. Diana F. Suganda, M.Kes, Sp. GK, hal tersebut adalah anggapan yang keliru. Ia mengatakan, susu sendiri tidak membuat gemuk. 

"Justru, menurut International Journal of Obesity, pada 2014, kandungan kalsium dan protein susu membantu penurunan berat badan pada dewasa obese," kata Diana, saat FFI Milkversation di kawasan, Sudirman, Jakarta, Rabu 15 Mei 2019. 

Pengakuan Miris Pencuri di Minimarket Semarang Setelah Diamankan Polisi

Ia menjelaskan, minum susu tidak akan membuat gemuk, selama jumlah kalori harian setiap orang tidak lebih dari 1.500 kalori. Sebab itu, penting untuk menyesuaikan asupan lainnya agar nutrisi yang masuk ke dalam tubuh seimbang. 

Susu sendiri, menurut Diana terdiri dari tiga nutrisi esensial (makro nutrisi) yang dibutuhkan tubuh, yaitu protein, lemak dan karbohidrat. Berbagai kandungan mikro nutrisi seperti kalsium, potasium dan magnesium juga terkandung di dalamnya. 

10 Makanan yang Menjadi Favorit Nabi Muhammad SAW

"Sehingga, jika dikonsumsi sesuai aturan, susu akan memberi dampak positif bagi kesehatan tubuh dalam jangka panjang," kata dia. 

Dengan ragam manfaat baik yang terkandung di dalam susu, Diana mengatakan, amat sangat disayangkan jika masyarakat jadi enggan mengonsumsi susu, hanya karena banyaknya mitos yang berkembang. 

la juga menambahkan, yang perlu diingat, manfaat baik susu akan terasa maksimal jika dikombinasikan dengan variasi asupan makanan lainnya, serta didukung aktivitas fisik atau olahraga secara rutin. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya