Main di Luar Ruangan Picu Si Kecil Lebih Percaya Diri

Ilustrasi ibu dan anak bermain
Sumber :
  • Pixabay/ golso

VIVA – Pentingnya bermain di luar ruangan untuk anak-anak, memberi ragam manfaat. Salah satunya, bisa meningkatkan kemampuan anak dalam bersosialisasi hingga mengasah kepercayaan dirinya sejak dini.

Ternyata, Bermain Bisa Jaga Daya Tahan Stress Anak

Bermain di luar ruangan membuat anak bisa bertemu dengan banyak orang. Hal ini juga bisa membuat anak mampu berkomunikasi dengan baik.

"Dengan bertemu banyak orang yang latar belakangnya beragam, anak lebih terbuka untuk berteman dan komunikasi dengan siapa saja. Saat anak mudah bersosialisasi itu, buat anak lebih percaya diri," ujar Spesialis Anak Konsultan Tumbuh Kembang RSPI, dr Catharine Sambo Sp.A(K) di kawasan Senopati, Jakarta, Kamis, 20 Juni 2019.

IDAI Beri Tips Pilih Mainan Tepat untuk Anak

Selain itu, bermain di luar ruangan juga dapat mengasah kemampuan anak secara fisik dengan banyak bergerak. Catharine menambahkan, aktivitas fisik ini dapat mencukupi kebutuhan anak dalam proses tumbuh dan berkembang.

"Dengan banyak bermain, anak akan merasa lelah dan akan tidur lebih nyenyak. Di saat tidurnya lelap sekali, mampu membuat growth hormone keluar sehingga kemampuan tumbuhnya maksimal," jelasnya.

Tips Memberi Pemahaman Soal Keuangan kepada Anak

Bahkan, bermain di luar ini bisa menjadi wadah anak mengasah kreativitasnya serta terampil dalam mengatasi sebuah masalah yang dihadapinya di kemudian hari. Sebab, anak bisa lebih peka terhadap lingkungan di sekitarnya.

"Anak dapat pengalaman indrawi dari luar ruangan seperti tahu kucing asli seperti apa, sangat berbeda dari gambar. Anak juga bisa lebih tenang dan berpikir positif. Makanya, butuh waktu setidaknya 60 menit untuk anak usia 2 tahun bermain di luar," paparnya. (rna)

Ilustrasi anak pakai kacamata/main gadget.

Bahaya Kecanduan Game Online pada Anak dan Cara Mengatasinya

Kecanduan game online nyatanya dapat mengganggu fokus dan kinerja akademis anak. Waktu yang dihabiskan untuk bermain game dapat mengganggu waktu belajar dan tugas sekolah

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2023