Trik Mona Ratuliu Cegah Anak Kecanduan Gadget

Mona Ratuliu
Sumber :
  • VIVA/Laras Devi Rachmawati

VIVA – Di era kemajuan teknologi dan informasi seperti saat ini, anak-anak pun menjadi lebih melek teknologi. Banyak dari anak-anak sudah paham mengunakan gadget.

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

Meski demikian, aktris cantik Mona Ratuliu sangat membatasi akses bermain gadget untuk anak-anaknya yang masih kecil. Menurutnya, ia memang tak membolehkan sang anak menggunakan gadget terlalu sering. Bahkan, ia mengaku memiliki trik tersendiri saat anak-anaknya mulai kecanduan bermain gadget.

"Ya kalau sudah kadung kecanduan sih memang harus di-detox, jadi otaknya di-reset lagi. Sebenarnya sih butuh waktu kurang lebih satu sampai tiga bulan, kalau bisa dijauhin dulu dari semua perangkat elektronik," ujarnya di kawasan Senayan, Jakarta, Kamis, 20 Juni 2019.

Mona Ratuliu Ungkap Pentingnya Bergaul Lahir Batin dengan Anak

Kendati demikian, dia mengakui bahwa hal tersebut tidak mudah dilakukan. Dibutuhkan disiplin dan ide kreatif orangtua untuk memberikan aktivitas menarik untuk anaknya.

Kecanduan Gadget Adalah Gangguan Mental Serius, Kapan Harus Periksa ke Dokter?

"Orangtua kadang-kadang terasa berat di saat detox gadget. Enggak boleh terus anaknya kita cuekin, apalagi dimarahin tiap hari, jadi memang musti dikasih aktivitas-aktivitas yang menyenangkan buat dia," kata dia.

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan anak-anak untuk mencegah atau 'mengobati' kecanduan gadget pada anak-anaknya. Salah satunya dengan memperbanyak kegiatan tambahan di luar jam sekolah.

"Ya yang membuat anak-anak happy aja, bermain, makanya anakku dibanyakin les olahraga. Mereka les tenis, basket, gymnastic, terus main sepeda, main skuter, aku beliin permainan-permainan yang seru tanpa gadget," tuturnya. (ldp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya