Bikin Remaja Mandiri dengan Cara Ini

ilustrasi remaja.
Sumber :
  • pexels

VIVA – Di usia remaja, penting untuk mampu mengeksplorasi diri. Manfaatnya, bukan cuma untuk membangkitkan kemandirian, tapi juga bisa menggali potensi yang ada.

Presiden KSPSI Harap Kemandirian Organisasi Buruh Terbangun Lewat Koperasi

Menurut Psikolog Laksmiari Saraswati, anak di usia remaja cenderung sulit memperluas pola pikirnya. Hal ini yang menjadi tantangan bagi para remaja untuk mampu mengenali kemampuan dirinya.

"Misal, remaja ini tahu mereka cinta sepakbola tapi mereka harus tetap mau membuka diri untuk eksplorasi diri mencari minat yang lain. Remaja harus bisa mencari tahu beragam minat yang dia miliki," ujar Asti, sapaan akrabnya, dalam temu media di kawasan Kuningan, Jakarta, Senin, 24 Juni 2019.

Jokowi Resmikan Pabrik Amonium Nitrat di Bontang: Impor Bahan Baku Pupuk Bisa Dikurangi

Asti mengungkapkan salah satu cara untuk bisa mengeksplorasi diri sendiri itu melalui aktivitas baru dengan lingkungan yang juga baru. Dengan begitu, anak remaja bisa mulai beradaptasi dengan lingkungannya tersebut.

"Dengan ikut sebuah program acara yang jauh dari orangtua, anak remaja akan belajar adaptasi baik dengan teman baru dan lingkungan. Ia bisa adaptasi saat harus jauh dari orangtuanya," ungkap Asti.

Begini Strategi Mardiono Wujudkan Kemandirian Pangan

Tak hanya itu, melalui program acara yang diikuti, anak remaja bisa belajar untuk mengatur waktunya. Sehingga ia memiliki kedisiplinan yang dijalani dirinya sendiri dan terbiasa dengan hal tersebut hingga dewasa.

"Nilai positif lainnya dari program acara yang diikuti remaja, mereka bisa mengatur atau memanajemen waktunya. Jadi mereka harus tahu sendiri kapan harus mandi, bersiap-siap, lalu ikut kegiatannya," jelasnya. (rna)

Ilustrasi Investasi SBN

6 Langkah Jitu Menuju Kemandirian Finansial Impian Anda

Mencapai kemandirian finansial adalah impian banyak orang. Memiliki kendali penuh atas keuangan dan hidup bebas dari jeratan hutang adalah dambaan setiap individu.

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024