Menanggapi Ocehan Bayi Ternyata Penting Lho, Ini Manfaatnya

Ilustrasi ibu dan bayi.
Sumber :
  • Pixabay/PublicDomainPictures

VIVA – Anak yang baru berusia di bawah satu tahun seringkali masih kesulitan untuk berbicara. Meski begitu, bukan berarti membuat ayah dan bunda jarang mengajak bicara si kecil.

Moms, Ini Cara agar Tak Mudah Stres dan Bisa Bonding dengan Anak

Seringkali orangtua merasa komunikasi sejak dini pada anak tak begitu penting. Padahal,saat buah hati Anda masih belum banyak berbicara, ini waktu terbaik bagi orangtua untuk memperbanyak perbendaharaan kata untuk si kecil. 

Dengan membuat anak kaya akan kosakata, memicu ia aktif untuk bisa berkomunikasi di saat dewasa kelak. Salah satu caranya yaitu dengan menanggapi segala ocehan anak saat sedang menunjuk sesuatu.

7 Perilaku Gaslighting Orangtua pada Anak, Banyak yang Gak Sadar

"Saat anak masih belum bisa bicara atau hanya bisa 1 kata, kita yang perlu sigap dan merespons anak dengan ajak bicara. Banyak orangtua yang malas mengajak anaknya berkomunikasi secara aktif," ujar dokter spesialis anak dari RSAB Harapan Kita dr.Lucia Nauli Simbolon, SpA, di kawasan Matraman, Jakarta, Rabu 27 Juni 2019.

Menurut Lucia, kebanyakan orangtua malah membiarkan anak mengoceh dan mengambilkan barang yang ditunjuk tanpa melibatkan komunikasi. Padahal, mengajak anak berkomunikasi secara aktif bisa membuatnya lancar berbicara di saat proses tumbuh kembangnya.

5 Tips Parenting Agar Anak Cerdas

"Kita bisa ambilkan barang yang anak tunjuk sambil membetulkan ocehannya dengan kata-kata yang tepat. Hal ini agar dia tidak terlambat bicara," paparnya.(ldp)

Ilustrasi anak menabung.

Tips Memberi Pemahaman Soal Keuangan kepada Anak

Memahami atau memiliki kecakapan dalam hal literasi keuangan merupakan salah satu kunci penting agar dapat membuat keputusan keuangan yang tepat dan tidak boros. 

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2022