Bunda, Lakukan Ini di Hari Pertama Anak Masuk Sekolah

Ilustrasi anak sekolah.
Sumber :
  • Pixabay/Public domain pictures

VIVA – Liburan panjang akan segera berakhir. Tinggal menghitung hari, anak sudah akan masuk ke sekolah.

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

Bagi kebanyakan anak, hari pertama masuk sekolah bisa jadi momen yang menegangkan. Itu karena anak akan menghadapi lingkungan baru yang mungkin akan membuat si kecil jadi tidak nyaman.

Akibatnya, anak Anda bisa saja menangis di hari pertamanya masuk sekolah. Atau yang lebih parah, jika pengalamannya di hari pertama tidak mengenakkan, si kecil menjadi trauma dan tidak mau bersekolah lagi.

Viral, Anak Sekolah Korea Utara Terekam Sedang Nyanyi Lagu Halo-halo Bandung

Oleh karena itu, peran orangtua sangat penting untuk membantu dan memberi semangat kepada anak dalam mempersiapkan hari pertamanya saat masuk sekolah. Dan berikut ini beberapa tips dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk membantu anak mempersiapkan diri di hari pertama masuk sekolah.

1. Tanya kesiapan anak

Ini Sasaran Penerima Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran

Jangan lupa untuk menanyakan anak dalam mempersiapkan hari pertama sekolah. Diskusikan dengan anak jika ada hal-hal yang masih mengkhawatirkan.

2. Cerita pada anak

Cobalah untuk menceritakan pentingnya sekolah pada anak untuk bekal anak dalam menghadapi masa depan.

3. Beri dukungan pada anak

Berikan dukungan pada anak dengan menceritakan hal-hal menyenangkan di sekolah, seperti akan menemukan teman baru, guru baru, dan pelajaran yang menyenangkan.

4. Antar anak di hari pertama sekolah

Usahakan orangtua dapat mengantar anak di hari pertamanya masuk sekolah. Dampingi saat menemui guru baru, dan jika diizinkan melihat kelas baru.

5. Tumbuhkan keberanian anak

Usahakan untuk menumbukan rasa keberanian pada anak agar mau berkenalan dengan teman-teman baru di hari pertama masuk sekolah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya