Bunda, Ayo Dukung Anak agar Bersemangat di Hari Pertama Sekolah

Ilustrasi anak.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Hari pertama sekolah merupakan momen penting bagi orangtua dan anak. Selain kebutuhan material, tentunya orangtua perlu mempersiapkan kondisi mental dan fisik terbaik si kecil untuk menunjang kesiapan dan semangat anak dalam menghadapi dunia yang baru.

Enak Bener! Jarang Main tapi Tiba-tiba Juara di Al Hilal, Neymar: Kayak Zaman Sekolahan

Terutama, bagi anak usia 3-6 tahun yang akan mulai mengenal dan menjalani pendidikan formal awal (PAUD), sebagai pondasi pembelajaran selanjutnya.

Biasanya, banyak tantangan yang harus dihadapi anak saat hari pertama sekolah, di antaranya harus menghadapi dan beradaptasi dengan lingkungan baru, masa transisi memasuki dunia sekolah dan juga persiapan anak memasuki dunia sekolah yang mereka anggap baru.

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

"Ketika orangtua memutuskan untuk mengenalkan anak usia dini pada lingkungan sekolah, maka anak akan menghadapi dunia baru," ujar dr. Andyda Meliala, Pemerhati Pendidikan Anak Usia Dini dan Founder Resourceful Parenting Indonesia di Kaum Jakarta, Kamis, 4 Juli 2019.

PAUD merupakan fondasi belajar anak secara formal yang didesain sebagai institusi transisi yang mempersiapkan anak ke jenjang berikutnya. Pondasi yang akan dibangun pada saat PAUD adalah pendidikan (learning to learn), kesehatan (membangun pola makan sehat seimbang), dan kesejahteraan.

Viral, Anak Sekolah Korea Utara Terekam Sedang Nyanyi Lagu Halo-halo Bandung

Pada masa ini, fungsi eksekutif otak anak akan mulai dibentuk dan ini sangat penting bagi masa depan mereka kelak. Fungsi eksekutif otak tersebut antara lain, pengendalian diri, ingatan untuk bekerja atau working memory dan fleksibilitas mental.

Tiga hal tersebut adalah fungsi dasar yang akan membantu anak meraih higher order thinking, yaitu kemampuan memecahkan masalah, merencanakan, dan memiliki pemikiran yang baik (reasoning).

Lebih lanjut, Andyda menjelaskan, "Mengingat pentingnya masa PAUD, maka sangat penting bagi orangtua membangun semangat ke sekolah agar anak bisa membawa kebiasaan positif ini di kemudian hari."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya