Pentingnya Temui Guru dan Antar Anak di Hari Pertama Sekolah

Ilustrasi antar anak sekolah.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Hari ini, Senin 15 Juli 2019 merupakan hari pertama tahun ajaran baru bagi siswa/siswi di berbagai tingkatan. Sejak beberapa tahun belakangan, para praktisi, pakar pendidikan hingga psikolog sangat menyarankan orangtua untuk mengantar anak-anak mereka sekolah di hari pertama.

Viral, Anak Sekolah Korea Utara Terekam Sedang Nyanyi Lagu Halo-halo Bandung

Hal itu karena, mengantar anak sekolah di hari pertama secara psikologis mampu membantu anak untuk tampil percaya diri. Pemerhati pendidikan anak usia dini, Dr Andyda Meliala mengatakan bahwa mengantar anak menjadi penting ini merupakan karena memasuki lingkungan baru. 

"Anak perlu memiliki pegangan dan merasa aman dan nyaman di hari pertamanya," ujarnya dilansir dari rilis yang diterima VIVA, Senin, 15 Juli 2019. 

Ini Sasaran Penerima Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran

Tak cuma itu, mengantar anak sekolah di hari pertama juga dapat membantu orangtua untuk menjalin komunikasi dengan guru dan karyawan di lingkungan sekolah.

Memahami pentingnya hal itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bahkan mengimbau kepada orangtua murid agar mengantarkan anak tak hanya sampai pagar depan sekolah, melainkan orangtua sebaiknya menemui guru dan melihat keadaan lingkungan di sekolah. 

Literasi Anak-Anak di Usia Dini, Kunci Masa Depan yang Cemerlang

"Bagi guru mengetahui orangtuanya mengetahui anaknya. ini adalah momentum emas karena itu saya menganjurkan kepada para orangtua di hari pertama anak masuk sekolah, antarkan anak Anda," kata Anies dalam video yang diunggah Pemprov DKI di akun Instagram @dkijakarta.

Menurut Anies, diantar oleh orangtua sampai ke sekolah merupakan pengalaman yang berkesan bagi anak. 

"Karena itu, saya juga menganjurkan kepada pimpinan baik lembaga pemerintah maupun swasta di Ibukota, izinkan karyawan staf yang antarkan anaknya ke sekolah untuk mulai bekerja sesudah mereka selesai mengantarkan anak sekolah," ujarnya

Anies berharap ini dapat menjadi usaha yang baik membuat anak-anak lebih baik lagi dalam belajar. Tak hanya Anies, Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia Susanto juga menyontohkan hal serupa. Karena menurutnya, mengantar anak ke sekolah pada hari pertama menjadi momen penting bagi keberlangsungan pendidikan anak.

"Awal masuk sekolah menjadi kesan dan kenangan tersendiri untuk anak. Bertemu dengan teman baru, guru baru dan lingkungan baru," kata Susanto dalam siaran pers yang diterima VIVA, Senin, 15 Juli 2019. 

Ia mengukapkan bahwa ini adalah hari pertama anak-anaknya masuk sekolah. "Mengantar sekolah anak di hari pertama, memiliki dimensi yang kaya makna," kata dia. 

Dengan mengantar anak, menurut Susanto, akan menanamkan rasa nyaman untuk bersekolah, menumbuhkan gairah cinta belajar. "Dengan begitu menguatkan kelekatan antara sekolah dan pengasuhan orangtua, dan beragam nilai positif lainnya," ujarnya. (rna)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya