Bersikap Panik saat Antar Sekolah, Bikin Anak Tak Tenang Belajar

Ilustrasi orangtua antar anak ke sekolah.
Sumber :
  • Freepik/zalkina

VIVA – Tahun Ajaran baru sudah dimulai sejak beberapa hari lalu. Bagi sebagian besar orangtua, melepas anak ke tahap baru di sekolah tentu menjadi pengalaman menegangkan.

Viral, Anak Sekolah Korea Utara Terekam Sedang Nyanyi Lagu Halo-halo Bandung

Selain itu, momen ini juga membuat mereka cemas lantaran memikirkan kesiapan mental anak untuk beradaptasi dengan hal-hal baru di sekolah. Padahal, menurut Psikolog Anak dan Keluarga Rosdiana Setyaningrum MPSi, MHPEd, kecemasan berlebihan yang dimunculkan oleh orangtua ketika anak masuk sekolah bisa berdampak pada kondisi psikis si anak.

“Anak lebih kecil akan mudah terpengaruh dengan perasaan ibu yang antar. Kalau ibu panik, dia akan panik, kalau antar sekolah seperti ini, bagaimana ke depannya, sampai kuliah juga akan masih deg-degaan,” kata dia dalam acara Senyum sejak Hari Pertama melalui Pepsodent Action 123 Complete di Agnaye Restoran Kebayoran Jakarta Selatan, Selasa 23 Juli 2019. 

Ini Sasaran Penerima Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran

Dia melanjutkan yang perlu dilakukan oleh orangtua saat mengantar anak untuk pertama kali sekolah adalah dengan rasa tenang dan senyuman. Dengan begitu, anak bisa merasa tenang dan nyaman tanpa beban ketika akan masuk ke sekolah.

“Hari pertama itu memberikan kesan. Bagaimana pertama dia masuk dalam keadaan tenang dan happy, di hari kedua, ketiga dan keempat anak akan aman. Ke sekolah itu bisa jadi menyenangkan kalau melepas buah hati dengan tenang dan wajah ceria,” jelas dia.

Literasi Anak-Anak di Usia Dini, Kunci Masa Depan yang Cemerlang

Rosdiana melanjutkan, orang tua juga bisa melakukan menjaga kehidupan sekolah anak. Caranya, dengan bertanya mengenai kesulitan anak selama di sekolah. (nsa)

Neymar juara Piala Super Arab Saudi 2023

Enak Bener! Jarang Main tapi Tiba-tiba Juara di Al Hilal, Neymar: Kayak Zaman Sekolahan

Enak bener jadi Neymar. Meski jarang bermain, pemain asal Brasil ini ikut merasakan gelar Piala Arab Saudi 2023 bersama Al Hilal.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024