Perkenalkan Batik Kepada Anak, Enggak Cuma Bisa Lewat Pakaian Lho

anaka batik jember yang terinspirasi dari tembakau
Sumber :
  • vstory

VIVA – Batik menjadi salah satu warisan budaya yang harus terus dilestarikan oleh masyarakat. Tak salah, jika pemerintah menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai hari batik nasional. Cara ini, cukup ampuh untuk membuat masyarakat Tanah Air merasa bangga menggunakan busana serba dengan motof batik.

Tingkatkan Kompetensi, PNM Berikan Pelatihan Batik Ecoprint Kepada Nasabah

Banyak cara untuk melestarikan motif batik, termasuk mengenalkanmya untuk anak usia dini. Bukan hanya dengan menggunakan pakaian motif batik yang kini tersedia untuk Buah Hati, memperkenalkan batik juga bisa dilakukan dengan menggunakan alat makan untuk bayi dan anak yang digambar secara khusus. 

Cara ini dilakukan oleh Pigeon, yang sejak 2014 secara rutin meluncurkan botol dot dengan motif batik. Tahun ini merupakan tahun ke-6 bagi, perusahaan tersebut berkolaborasi dengan desainer  Batik, Iwet Ramadhan untuk memperkenalkan botol motif dengan karakter Phoenix (Lok Can) dan Sulur (Rumput).

Pilot dan Kopilot Tidur saat Terbang Dinonaktifkan, Batik Air: Keselamatan Tidak Dapat Ditawar

"Motif Phoenix (Lok Can) memiliki filosofi sebagai simbol keabadian, kekuatan perempuan dan keanggunan. Motif Sulur (Rumput) merupakan simbol bakal tumbuhan yang bermakna agar dapat berkembang dengan baik," ujarnya, Kamis 3 Oktober 2019.

Baca juga: Moms mau asah bakat anak? Bisa ikut lomba ini

Batik Air Buka Suara soal Pilot dan Copilot Tidur 28 Menit saat Terbang

Selain produk botol motif Batik, tahun ini juga akan diluncurkan feeding set (peralatan makan bayi) motif Batik merak, kupu-kupu dan bangau karya Iwet Ramadhan. Menurut Iwet, dengan memperkenalkan motif batik sejak dini pada saat anak makan, menjadi salah satu cara dalam melestarikan batik.

"Untuk feeding set motif Batik dan kain gendongan dengan batik tulis yang di tahun ini kami hadirkan untuk pertama kali. Sehingga, dengan diperkenalkannya koleksi terbatas kain Batik tulis ini, kami ingin mempersembahkan karya terbaik kami kepada masyarakat luas," tuturnya.

Peralatan makan bayi yang menggunakan motif batik

Meski digambar motif batik, bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan botol dan alat makan bayi tersebut sudah terjamin keamanannya. Sebab, tinta yang digunakan untuk melukis motif batik tersebut ramah untuk anak.

"Untuk semua botol Pigeon diproduksi dengan menggunakan tinta Food Contact Grade begitu juga dengan botol motif batik," papar General Manager Marketing Division Pigeon, Anis Dwinastiti.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya