Saran Dokter Jika Anak Terlanjur Nonton Joker

Final Trailer Joker
Sumber :
  • Youtube Warner Bros

VIVA – Film Joker ditandai sebagai tontonan khusus orang dewasa dan dilarang bagi kelompok anak-anak. Bukan tanpa sebab, nuansa 'dark' dan adegan kekerasan yang dimunculkan di dalamnya bisa berbahaya untuk usia anak.

13 Dampak Psikologis Anak Dibesarkan Tanpa Sosok Ayah

Adegan di film Joker didominasi oleh kekerasan yang tak biasa. Tak seperti film pahlawan super yang menggunakan aksi heroik untuk memberantas penjahat, Joker digambarkan menjadi sosok tertindas yang akhirnya meluapkan kemarahan dengan aksi kekerasan.

"Anak-anak masih enggak punya filter saat menonton, jadi dia melihat dan akan berpikir 'Oh kalau kesal boleh tembak orang'. Jadi anak kecil jangan sampai nonton itu," ujar Spesialis Kesehatan Jiwa, dr. Heriani, SpKJ(K), dalam temu media di IMERI FKUI, Jakarta, Rabu 9 Oktober 2019.

Joker yang Serang Penumpang Kereta Tokyo Menyesal Gagal Bunuh Orang

Jika anak terlanjur menontonnya, dokter Heriani mengatakan perlu peran orangtua dalam memberikan edukasi. Beri pemahaman pada anak mengenai sikap empati pada sesama.

"Ini pelajaran agar untuk mendengar lebih baik. Moral story coba kasih telinga dan hati kita untuk yang enggak punya siapa-siapa. Kalau ada orang seperti Joker, jangan dipermalukan," kata dia lagi.

Geger, Justice League Rilis Foto Provokatif Joker Jadi Yesus

Dengan memberi penjelasan untuk lebih berempati, diharapkan anak bisa menjadi pribadi yang menghargai setiap orang tanpa melihat perbedaan. Selain itu, orangtua juga harus menjadi panutan bagi anak.

"Orangtua juga harus jadi role model yang baik jangan ngomong seperti 'kamu gimana sih gitu aja enggak bisa', jangan merendahkan anak," terangnya.

Dirjen Bimas Islam, Kamaruddin Amin

Pencegahan Kawin Anak Jadi Concern Pemerintah di Tahun 2024

Perkawinan anak sering kali menimbulkan persoalan susulan seperti perceraian dan stunting. Melihat situasi ini, Kementerian Agama (Kemenag) terus melakukan upaya serius.

img_title
VIVA.co.id
12 Oktober 2023