Waspada Anak Sering Batuk Pilek, Bisa Jadi Gejala Asma

Anak batuk dan pilek.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Penyakit asma bisa menyerang segala usia, tidak terkecuali anak-anak. Bahkan, penyakit paru kronik ini sering menyerang mereka. Sayangnya, mengenali asma pada anak, khususnya yang masih di bawah usia 5 tahun, bukanlah perkara mudah. 

Waspada, Pertanda Batuk yang Bisa Jadi Pemicu Gejala Kanker Paru-paru

Asma pada anak, memiliki spesifikasi yang perlu ditangani secara berbeda-beda tiap usianya. Tidak semua anak memiliki gejala asma yang sama, dan gejala ini bisa bervariasi dari kambuhnya asma yang muncul pada anak yang sama.

Menurut Kepala Subdirektorat Penyakit Paru Kronik dan Gangguan Imunologi Kementerian Kesehatan RI, dr Theresia Sandra Diah Ratih, tanda asma yang sering muncul pada anak-anak adalah batuk dan pilek. 

Tingkat Kematian Kanker Paru Tinggi, Dokter Ungkap Penyebab yang Sering Tak Disadari

"Tanda asma yang sering terlihat pada anak, adalah batuk dan pilek secara terus-menerus. Tapi, ada juga yang mengalami mengi atau mengeluarkan suara ngik," ujarnya di Hotel Mandarin Oriental Jakarta, Senin 14 Oktober 2019. 

Lebih lanjut Theresia menjelaskan, untuk memastikan faktor pemicunya, harus dibawa ke dokter. Kasus yang paling banyak terjadi, asma disebabkan oleh asap rokok, debu, dan tungau. 

Batuk Pilek Pada Anak, Apa yang Harus Diwaspadai?

"Kalau di rumah ada yang memiliki asma, tidak dianjurkan memiliki karpet, gorden atau segala sesuatu yang bisa menyimpan debu," kata Sandra. 

Ia juga berpesan, bagi orangtua yang sudah mengetahui anaknya punya penyakit asma, jika anak mengalami serangan, dokter meresepkan beberapa obat, di antaranya obat pereda dan pengontrol asma. Jika akan bepergian, orangtua sudah bersiap untuk membawa obat-obatan tersebut.

"Kalau anak kurang napas, coba longgarkan pakaiannya, ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya