Kulit Kering saat Hamil, Berbahayakah? Ini Penjelasannya

Ilustrasi ibu hamil.
Sumber :
  • Pixabay/Unsplash

VIVA – Kulit Kamu akan mengalami banyak perubahan selama kehamilan. Salah satu masalah yang sering dikeluhkan bumil alias ibu hamil adalah kulit kering. Beberapa masalah lain, di antaranya stretch mark, jerawat, bahkan kulit gatal saat hamil.

Posko Mudik Perempuan Bisa Cek Kehamilan, Tekanan Darah Hingga Sedia Kondom! Catat Titiknya

Sebenarnya, kulit kering umum terjadi selama kehamilan. Perubahan hormon menyebabkan kulit Kamu kehilangan elastisitas dan kelembapan, sehingga menyebabkan kulit seperti bersisik, gatal, dan tidak nyaman.

Baca juga: 5 Tipe Pesan Ini Tanda Dia Ingin Jadi Pacar Kamu

Soal Program Makan Siang Gratis, Ibu Hamil dan Balita juga Perlu Dukungan untuk Cegah Stunting

Kebanyakan wanita mengalami kulit kering dan gatal di daerah perut. Tetapi beberapa wanita hamil juga akan merasakan gatal di area lain, seperti paha, payudara dan tangan.

Jika Kamu mengalami masalah yang sama, berikut beberapa solusi alami untuk membantu kulit terhidrasi, seperti dikutip dari aplikasi ERHA.DNA, Senin, 18 November 2019.

Selama Puasa Dilarang Pakai Skincare dengan Bahan Ini, Kenapa?

Gunakan minyak alami

Minyak zaitun dan minyak kelapa dapat memberikan kelembapan yang intens pada kulit dan penuh dengan antioksidan. Kamu hanya perlu beberapa tetes untuk melembapkan kembali kulit. Shea butter dan cocoa butter juga bisa jadi alternatif untuk menjaga kelembapan kulit.

Buat sabun sendiri

Hindari sabun yang mengandung alkohol, pewangi atau pewarna yang keras, yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Sebagai gantinya, cobalah buat sabun sendiri. Kamu bisa mencampurkan 1 sendok makan cuka apel dengan 2 sendok makan air untuk dijadikan pembersih alami, yang dapat menetralkan pH kulit dan meringankan kulit kering.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya