5 Tips Mudah Kelola Keuangan untuk Para Ibu Millennial

Ilustrasi keuangan.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Dalam rumah tangga, keuangan tentu menjadi hal yang krusial. Bukan saja membutuhkan ketelitian, tetapi juga peran komunikasi dengan pasangan sangat memengaruhi cara mengelola keuangan.

Ramalan Zodiak Rabu 24 April 2024, Sagitarius: Hubungan dengan Kekasih Tidak Sehat Hari Ini

Ibu millennial dikategorikan dengan rentan usia 25-39 tahun. Biasanya, di usia tersebut cenderung gemar bermain di media sosial, di mana cukup berpengaruh terhadap pengelolaan keuangan para ibu. Sebab, tanpa sadar, banyak yang menggunakan pendapatannya untuk sesuatu yang tidak dibutuhkan olehnya.

"Makanya penting untuk kelola keuangan dengan pasangan. Pertama, kalau sudah berpasangan, komunikasi. Utarakan kebutuhan dan keinginan kita apa," ujar Prita Ghozie selaku Financial Planner dalam acara #MYBABYMomversity, di kawasan Sudirman, Jakarta, Kamis, 5 Desember 2019.

OJK Ingatkan Emak-emak Hati-hati Terjerat Rentenir: Bunganya Luar Biasa Mencekik Leher

Selanjutnya, sepakati dengan pasangan mengenai peran manajer keuangan dalam rumah tangga. Prita menegaskan, tak melulu pihak perempuan yang mengambil peran ini, melainkan siapa di antara keduanya yang lebih jago.

"Ketiga, kita harus tentukan fokus tujuan keuangan keluarga kita. Ingat bukan keluarga orang yang kita lihat di media sosial. Kalau sudah fokus, artinya tidak bisa punya maunya banyak," ungkapnya lagi.

Rupiah Melemah, OJK Kasih Tips Emak-emak Kelola Keuangan

Prita menambahkan, langkah keempat dimulai dengan membentuk anggaran keuangan yang disesuaikan dengan penghasilan. Sebab, beda penghasilan tentu cara membentuk anggaran untuk mengelolanya juga akan berbeda.

Kemudian, Prita menuturkan perlunya terbuka soal keuangan baik itu pendapatan dan pengeluaran.

"Terakhir, disiplin dan jujur. Kalau pasangan sudah tidak jujur soal keuangan, itu bisa jadi bahaya," terangnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya