Anak Rewel Tiap Ibu Pulang Kerja, Psikolog Ungkap Alasannya

Ilustrasi anak menangis.
Sumber :
  • Pixabay/Ben_Kerckx

VIVA – Bagi ibu bekerja, mendapatkan senyuman dan pelukan anak saat pulang kerja adalah kemewahan tersendiri. Namun, tak sedikit pula ibu yang mengeluhkan buah hatinya yang rewel di saat mereka baru saja tiba di rumah.

Mona Ratuliu Ungkap Pentingnya Bergaul Lahir Batin dengan Anak

Ternyata sikap anak yang cenderung rewel di saat ibu baru pulang bekerja adalah hal yang perlu disyukuri. Bukan saja sebagai tanda kerinduan anak, tapi juga menjadi tolak ukur kebaikan ibu di mata buah hatinya.

"Tanda ibu sudah menjadi ibu yang baik pertama diukur dari pola pengasuhannya, misal pulang kerja, anak masih happy dekat kita. Kedua, anak jadi lebih cranky ketika ibunya pergi kerja, itu berkah," ujar Psikolog Anak, Saskhya Aulia Prima, M.Psi. saat ditemui baru-baru ini.

Tips Agar Anak Tak Rewel dan Takut Masuk ke Sekolah

Saskhy menambahkan, hal tersebut juga berarti bahwa anak masih sangat bergantung pada ibu dibandingkan pengasuhnya. Nilai lain yang perlu dipahami ibu dalam mengasuh si kecil yaitu membentuk tujuan dari pola pengasuhan yang dibentuknya.

"Model pengasuhannya enggak bisa disamain dan bukan perlombaan dengan keluarga lain. Misal, ketika masalah kesehatan muncul, langsung cari jawaban ke expert yang sesuai dengan tujuan pola pengasuhan ibu," katanya lagi.

Ajak Si Kecil Main Berkualitas di Akhir Pekan, Coba 4 Trik Ini Moms

Tak hanya itu, Saskhy menekankan bahwa para ibu perlu konsisten dengan sikap yang diambil saat mengasuh si kecil. Hal ini untuk membuat pola pengasuhan menjadi lebih baik dengan kasih sayang yang tepat pada buah hati.

"Konsisten ini konteksnya saat marah. Manusia biasa ada marah tapi harus aware. Jadi saat marah, kita sadari marahnya karena apa pemicunya, agar tidak terjadi lagi," katanya.

Praktisi dan Peneliti Neuroscience Dokter Aisah Dahlan

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

Aisah Dahlan menjelaskan bahwa dalam membimbing dan mendidik anak, orangtua harus melibatkan orang lain, termasuk selektif memilih tempat untuk sekolah.

img_title
VIVA.co.id
1 Maret 2024