Pesan Nadiem Makarim untuk Guru yang Mengajar Jarak Jauh

Mendikbud Nadiem Makarim di Seminar Nasional & Science Fair 2020.
Sumber :

VIVA –Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim, meminta para guru aktif ketika memberi tugas kepada anak murid yang tengah belajar di rumah. Ia menyebut, mendapat sejumlah laporan dari orang tua yang menyampaikan keluhan mengenai tugas berat selama di rumah saat penanganan virus corona.

Oknum Guru MI di Bojonegoro Cabuli 8 Murid, Kemenag Bentuk Satgas

"Bukan berarti guru hanya berikan pekerjaan saja kepada murid, tapi juga ikut berinteraksi dan berkomunikasi membantu muridnya dalam mengerjakan tugasnya," ujar Nadiem melalui sambungan telekonferensi, Selasa 24 Maret 2020.  

Eks bos Gojek ini meminta agar guru tetap memantau dan berkomunikasi dengan para murid. Dengan begitu, mata pelajaran dan tugas yang diberikan setidaknya sama seperti ketika belajar mengajar di sekolah.

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

"Jadi mohon bahwa guru-guru itu juga benar-benar mengajar dari rumah dan membantu membimbing siswa-siswanya," kata dia.

Seperti Surat Edaran Nomor 36962/MPK.A/HK/2020, Nadiem menyatakan bahwa bekerja dari rumah tidak memengaruhi ukuran penilaian kinerja maupun sistem insentif yang diterima pendidik maupun tenaga kependidikan.

Muhadjir Effendy Koordinasi dengan Kemendikbud soal 33 Kampus Diduga Terlibat TPPO

Nadiem mendorong para pendidik atau guru menggunakan teknologi agar pelaksanaan mengajar berjalan seperti biasa.

"Yang terpenting adalah pembelajaran tetap berjalan dan terus terjadi. Hanya caranya yang berubah menjadi pembelajaran daring," ujar Nadiem beberapa waktu lalu.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam M Ali Ramdhani

Guru PAI Dapat THR Lebaran, Kemenag Pastikan Tidak Ada yang Tertinggal

Muhammad Ali Ramdhani, Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Pendis), berjanji akan memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada Guru Pendidikan Agama Islam (PAI).

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024