Olahraga Tepat Agar Bumil Gak Moodswing Saat Pandemi COVID-19

Wanita berenang
Sumber :
  • Repro IG

VIVA – Moodswing alias perubahan suasana hati secara cepat dapat dialami oleh ibu hamil akibat kadar hormon di tubuhnya. Kondisi ini tentunya memberi rasa tak nyaman, baik bagi ibu maupun lingkungan sekitarnya.

Selebgram Meli Joker Bunuh Diri, Pemuda Indonesia Disebut Rentan Alami Gangguan Mental

Kondisi moodswing biasanya ditandai dengan suasana hati yang berubah secara spontan seperti ibu hamil yang sedang bahagia lalu bisa sedih dan menangis tanpa sebab. Biasanya moodswing dialami ibu hamil di trimester pertama  karena hormon estrogen dan progesteron yang tinggi.

"Moodswing dipengaruhi oleh perubahan hormon yang tinggi sehingga memengaruhi emosional," ujar dokter spesialis kebidanan dan kandungan di RS Pondok Indah – Pondok Indah,dr. Muhammad Fadli, Sp. OG,  dalam Live Webinar RS Pondok Indah Group, beberapa waktu lalu.

Ajak Warga Sumut Sukseskan PON 2024, Usung Tagline 'Apa yang Kau Bisa Mainkan'

Dokter Fadli menyarankan agar kondisi suasana hati ibu bisa dijaga secara stabil dengan mengonsumsi air putih yang cukup mulai dari 2,5-3,5 liter per hari. Selain itu, dianjurkan agar ibu hamil rutin melakukan olahraga sehingga kadar hormon di tubuh bisa seimbang.

"Olahraga apa saja bisa dilakukan, asal yang tidak berisiko terkena benturan. Berenang atau berjalan kaki bisa menjadi pilihan," tuturnya.

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Lebih lanjut, peregangan sebaiknya tetap dilakukan sebelum berolahraga untuk mencegah risiko terjadinya olahraga. Perubahan hormon juga memicu keluhan nyeri payudara pada ibu hamil dan dapat berujung pada moodswing. Hal ini dapat disiasati dengan pemakaian bra yang tepat. 

"Pada usia kehamilan 4–6 minggu juga biasanya ada keluhan nyeri payudara. Untuk mengatasinya, biasa diakali dengan menggunakan sports bra yang tidak memiliki kawat,” kata dokter Fadli.

fOBI gelar kejuaraan dunia barongsai

FOBI Gelar Kejuaraan Dunia Bertajuk Piala Presiden, 10 Negara Tampil

Event yang digagas Pengurus Besar Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (PB FOBI) ini akan diikuti 550 atlet dari 10 negara di dunia.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024