Libur Sekolah, Ini 3 Rekomendasi Olahraga untuk Si Kecil

Ilustrasi anak.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Obesitas kini mulai merambah pada kelompok anak dan mulai mengkhawatirkan para orangtua. Kondisi bobot tubuh yang berlebih pada anak bisa memicu bahaya seperti diabetes dan penyakit jantung.

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Mulai banyaknya anak yang mengalami penyakit tersebut di usia dini, disebabkan oleh beberapa hal. Namun, penyebab utamanya adalah minimnya aktivitas dan tak menjalani pola hidup sehat. Apalagi, dengan banyak beraktivitas di rumah, tak sedikit anak-anak yang enggan bergerak.

Maraknya ragam permainan di gawai pun makin membuat anak enggan berolahraga. Padahal, olahraga sangat penting bagi kesehatan fisik dan psikis anak.

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

"Melalui olahraga, anak dapat belajar untuk disiplin, pantang menyerah, percaya diri, dan berjiwa sportif. Di samping itu, olahraga juga bermanfaat untuk melatih konsentrasi, dan anak menjadi lebih bahagia dan bersemangat dalam memperoleh prestasi di sekolah," ujar Psikolog Anak Vera Itabiliana, dalam siaran pers Nestlé MILO, Senin, 15 Juni 2020.

Berikut tiga olahraga yang direkomendasikan agar memberi manfaat baik bagi kesehatan anak.

Cerita Anne Avantie Bangkrut, Temukan Kebahagiaan di Tempat Tak Terduga

Sepakbola

Salah satu olahraga paling populer, sepak bola diminati oleh banyak anak-anak dan bermanfaat baik bagi kesehatan. Sepakbola bisa dimulai sejak dini pada usia 4 tahun.

Secara fisik, sepak bola melatih kestabilan, kekuatan otot, serta pacu jantung yang baik. Dengan adrenalin saat berolahraga, hormon bahagia akan keluar dan memberi rasa senang pada anak.

Melalui Milo Activ Indonesia, anak Indonesia dapat berpartisipasi melalui berbagai program olahraga seperti School Sports Development Program, MILO Jakarta International 10K, MILO Football Championship dan Tantangan Juara MILO. Serta ACTIV Coach bersama pesepak bola legendaris Ponaryo Astaman yang akan berbagi teknik bermain sepak bola.

Bersepeda

Semua anak sangat suka sepeda dan gemar memainkannya. Tak heran, insting anak akan langsung muncul saat memakai sepeda. Dengan bersepeda, memberinya kebebasan dan kepercayaan diri. Di samping itu, anak bisa lebih mengontrol keseimbangan tubuh dan berat badannya.

Berjalan dan berlari

Dua hal ini adalah aktivitas yang sebenarnya digemari anak. Cukup beri sedikit stimulasi, maka anak akan dengan senang hati berlari dan berjalan di sekeliling rumah. Berjalan membantu kekuatan otot serta menjaga berat badan. Sementara, berlari ampuh untuk meningkatkan imunitas dan kekuatan paru-paru sehingga mencegah risiko flu dan batuk

Business Executive Officer Beverages Business Unit Nestlé Indonesia Mirna Tri Handayani berharap, hadirnya berbagai kegiatan olahraga bagi anak usia Sekolah Dasar serta memberikan akses bagi anak Indonesia untuk memperoleh nutrisi yang mendukung mereka dalam menjalani kesehariannya

Beberapa kegiatan live session yang akan diadakan di antaranya ACTIV Nutrition, ACTIV Move yang akan menampilkan keseruan aktivitas fisik di rumah bersama keluarga Sophie Navita, serta ACTIV Talk yang akan berbagi informasi tentang pentingnya gaya hidup sehat dan aktif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya