Trik Bikin Anak Doyan Sayur Ternyata Gampang

anak sedang makan sayur
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Banyak anak tak menyukai sayuran lantaran rasanya yang cenderung hambar. Padahal, mengonsumsi sayuran sangat penting untuk mencegah si kecil memiliki berat badan berlebih di masa depan.

Trik Psikologis Agar Anak Mau Makan Sayur

Peran orangtua sangat besar dalam mengenalkan sayuran pada anak. Dari orangtua yang memberi pola makan bergizi dan seimbang, anak bisa terbiasa mengonsumsi sayuran.

Mengenalkan sayuran pada anak pun tak bisa sembarangan. Perlu trik khusus yang melibatkan sisi emosional si kecil di masa tumbuh kembangnya. Dengan begitu, anak dapat memahami bahwa mengonsumsi sayuran merupakan kebiasaan yang harus dijalani.

Dhena Frizzy Bagi Tips Biar Anak Doyan Sayur

"Kita perkenalkan lalu setelah dia habiskan kita beri apresiasi. Itu akan terdaftar ke sistem dia sebagai pengalaman baru yang positif, dan semakin sering diulang akan menjadi habit system," ujar Dokter spesialis anak konsultan tumbuh kembang pediatri sosial di RS Pondok Indah - Pondok Indah, dr. Catharine Mayung Sambo, dalam webinar RSPI, Rabu 24 Juni 2020.

Menurut dokter Mayung, saat anak mengonsumsi sayur dan diberi apresiasi, membuat anak merasa dihargai. Semakin sering diulang, maka membuat sistem bawah sadar otak mengenalinya sebagai daftar hal-hal baik.

Kisah Model Cantik Majalah Dewasa Jadi Mualaf: Lakukan Tamasya Dalami 3 Agama

Sehingga di masa depan, anak memiliki ingatan positif dengan pola makan tersebut. Hal ini membuat anak bisa menyukai sayuran serta menanamkan emosional yang baik.

"Ketika dia baru surfing lalu lihat itu sayur dia akan langsung ter-trigger 'oh ini dulu saya waktu pertama coba ini diapresiasi keluarga kalau dihabiskan". Ini jadi isyarat dia kalau ini hal baik dan harus saya habiskan," kata dokter Mayung.

Maudy Koesnaedi

Moms, Yuk Ikuti Trik Maudy Koesnaedi Agar Anak Doyan Sayur

Artis Maudy Koesnaedi menuturkan bahwa kunci untuk anak doyan sayur dan buah adalah dengan membiasakan sejak kecil

img_title
VIVA.co.id
8 Desember 2021