Tips Mudah Agar Anak Tak Malas Saat Belajar di Rumah

Ilustrasi anak belajar dunia digital
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Sudah hampir 5 bulan pelajar di DKI Jakarta harus melaksanakan sistem belajar dari rumah secara daring. Tidak dipungkiri pula selama kurun waktu tersebut anak-anak pernah mengalami kondisi dimana mereka 'angot-angotan' untuk belajar.

Heboh Uang Jajan Anak Artis, Arie Untung dan Fenita Arie Terapkan Kesederhanaan

Lantas apa sebenarnya alasan utama yang sering dijumpai orangtua ketika anak mereka 'angot-angotan' ? Lalu bagaimana cara kita sebagai orang tua mengatasi masalah tersebut?

Ternyata, salah satu pemicunya lantaran bosan harus duduk di depan layar gadget dan belajar tanpa adanya interaksi langsung antara dirinya dengan teman bahkan guru.

Bingung Cari Sekolah Terbaik? Wujudkan Masa Depan Cerah Buah Hati di Kinderfield - Highfield School

Baca juga: Mencekam, Video Ledakan Dahsyat Lebanon Saat Foto Prewedding

Psikolog Peminatan Perkembangan Anak dan Remaja, Irma Dianita menjelaskan untuk membangun motivasi anak-anak memang perlu usaha.

Catatan Pencapaian Program Merdeka Belajar dalam Pendidikan di Indonesia

"Bagaimana mengakomodir supaya pertemuan online ini bisa interaktif atau bisa menarik bagi anak-anak hal yang menyenangkan itu menjadi titik poin belajar anak-anak saat ini. Selama SFH kita perlu tau poin inti apa yang diberikan kemudian kita buat semenarik mungkin, buatlah semenarik mungkin dan efektif," kata dia dalam virtual conference The Rise of Digital Parenting English First, Kamis 6 Agustus 2020.

Irma juga menjelaskan, bahwa sistem belajar dari rumah yang saat ini diterapkan tidak harus dilakukan secara online saja.

Baca juga: Kocak, Pamer Gaya Ngomong Sok British "Insect" Malah Dibully Sadis

Orangtua juga bisa mengaplikasikan inti dari pembelajaran yang diterima oleh anak hari ini ke dalam kegiatan sehari-hari dengan cara yang menyenangkan.

Sebab kata dia materi akademis akan diingat kalau mereka dilakukan menyenangkan itu akan terekam memori dan mengaplikasikannya secara penerapannya.

"Buatlah menjadi interaktif buat supaya kita terlibat orang tua mengajar bukan hanya online berupa prakarya, praktek, game yang interaktif dan cara itu merupakan bagian keilmuan," jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya