3 Kunci Ajarkan Anak Mandiri dan Percaya Diri

Ilustrasi orangtua dan anak
Sumber :
  • Pixabay/ParentiPacek

VIVA – Saat anak-anak masih belum bisa bersekolah dengan normal karena pandemi, mereka lebih banyak menghabiskan waktu di rumah bersama orangtua. Selain mendampingi mereka belajar, manfaatkan juga kesempatan ini untuk membentuk karakter positif pada mereka.

Heboh Uang Jajan Anak Artis, Arie Untung dan Fenita Arie Terapkan Kesederhanaan

Salah satunya adalah melatih kemandirian dan rasa percaya diri mereka. Berikut ini tiga cara untuk melakukannya dikutip dari laman Parents.

Sabar

Happy Salma Beri Tips Agar Lebih Menawan Saat Mengenakan Perhiasan

Beberapa anak sangat bersemangat mencoba hal baru, sementara yang lain butuh waktu untuk menyesuaikan diri. Untuk itu, jadilah orangtua yang siap mengakomodasi anak yang masih kaku.

Daripada menjadi kesal karena anak tak mau lepas saat berada di lingkungan baru, biarkan dia duduk di pangkuan Anda hingga dia merasa nyaman, meski butuh beberapa kali.

Blak-blakan Soal Pendamping Hidup, Yuni Shara: Sedikasihnya Saja

Tanamkan keberanian di waktu tidur

Trik ini bisa diterapkan pada anak usia 2 tahun ke atas. Setelah anak sudah berada di tempat tidur dan siap memejamkan mata, dekatilah secara perlahan lalu berbisik, "Aku...percaya...padamu...." Keesokan paginya, sambut anak dengan sapaan positif seperti, "Selamat pagi, Juara!'. Ulangi ini tiga atau empat kali seminggu. Studi menunjukkan bahwa pikiran paling menyerap pesan positif sebelum tidur.

Lakukan perlahan

Daripada mengharapkan anak langsung terjun ke dalam situasi yang benar-benar baru, biarkan dia mencoba terlebih dahulu. Jika dia takut bertemu teman baru, buatlah kelompok bermain yang berisi teman-teman lamanya dan teman baru.

Sebagai platform online, Olimpyakids menyediakan program pembelajaran interaktif digital mulai dari permainan, informasi untuk orangtua dan video kegiatan berbagai program menarik lainnya. Olimpyakids dikemas dengan metode pembelajaran yaitu Explore, Discover & Grow.

Platform ini juga menghadirkan Olimpya City sebuah permainan online di mana setiap anak dapat memilih karakter, menonton video serta menjawab pertanyaan dari berbagai gedung yang tersedia di dalamnya, sehingga anak dapat bermain sambil belajar dengan cara virtual agar tidak membosankan.

Selain itu, orangtua juga dapat mengetahui lebih jauh kreatifitas, bakat, dan minat seorang anak dari program parenting, dan disini juga merupakan wadah memberikan informasi tentang program beasiswa dari berbagai sekolah.

Pada tanggal 18-20 Desember 2020, Olympiakids menyelenggarakan Festival Generasi Emas Indonesia yang didukung oleh NU Circle. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya