Kenali Gejala COVID-19 Paling Umum pada Anak-anak

Anak memakai masker
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Memerangi COVID-19 bisa menjadi perjuangan yang sulit bagi anak-anak, bahkan jika mereka jarang terinfeksi atau mengalami infeksi ringan dibandingkan dengan orang dewasa.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Bahkan ketika kebanyakan anak-anak tidak dapat menerima dosis prioritas vaksin COVID saat ini, penelitian yang lebih baru menunjukkan bahwa jenis virus korona terbaru juga berpotensi menimbulkan komplikasi yang mengancam bagi anak-anak - yang berarti bahwa mereka jauh lebih mungkin untuk terinfeksi, menyebarkan penyakit dan bahkan mungkin jarak yang jauh.

Meskipun banyak anak dengan COVID-19 dapat menunjukkan gejala yang berbeda dari orang dewasa, mereka juga menderita bentuk penyakit yang tidak terlalu parah, memperlambat perkembangan gejala, dan meningkatkan respons antibodi yang lebih lemah daripada yang lain.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Anak-anak dapat mengalami gejala yang berbeda, dan menyebarkan viral load lebih lama Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa lebih dari 1/3 kasus COVID-19 pediatrik bersifat asimtomatik. 

Namun, ada juga gejala prevalensi yang tinggi di antara anak-anak kecil - beberapa di antaranya mungkin sangat berbeda dari yang dialami orang dewasa. Karena anak-anak juga dapat menularkan viral load untuk waktu yang lebih lama, penting untuk menjaga anak-anak tetap aman dan terlindungi dengan baik, sebelum kami dapat mengamankan akses ke vaksin COVID untuk mereka.

Pakar Kesehatan Mental Soroti Kondisi Sandra Dewi: Pasti Kena Mentalnya

Berikut ini beberapa gejala virus corona yang paling umum dan mendesak yang diketahui memengaruhi anak-anak dilansir dari Times of India.

Batuk

Sama seperti orang dewasa, COVID-19 dapat berasal dari virus pernapasan dan menyebabkan batuk kering, sakit tenggorokan. Anak-anak yang mengalami demam ringan juga lebih mungkin dites positif terkena infeksi virus.

Perlu dicatat bahwa batuk juga merupakan salah satu tanda infeksi yang paling umum di antara orang dewasa, terjadi pada lebih dari 75%-80% kasus, baik ringan maupun berat.

Pilek

Walaupun pilek saja bukan gejala COVID yang khas, pilek dengan tenggorokan tersumbat bisa menjadi beberapa tanda awal infeksi virus corona.

Walaupun pilek tidak boleh dianggap sebagai gejala pilek dan flu, dokter juga mengatakan bahwa pilek dan gejala serupa influenza juga merupakan keluhan umum pada anak-anak yang hasil tesnya negatif. Oleh karena itu, pastikan Anda waspada terhadap gejala COVID khas lainnya.

Ruam kulit

Jari kaki  atau ruam kulit yang tidak terduga merupakan gejala COVID-19 yang dapat menyerang anak-anak. Faktanya, itu adalah salah satu gejala yang dilaporkan paling awal yang muncul pada Mei 2020.

Disamakan dengan chilblains (peradangan pembuluh darah kecil yang menyakitkan di kulit Anda), munculnya kemerahan yang tidak biasa, ruam inflamasi, kulit gatal dan jari tangan serta kaki yang bengkak bisa menjadi tanda peringatan adanya masalah. Meskipun penyebabnya belum diketahui, mencari perhatian sedini mungkin adalah penting.

Sakit kepala

Sakit kepala inflamasi dan nyeri di antara anak-anak jarang terlihat. Namun, dengan COVID-19, sakit kepala bisa menjadi efek samping yang tidak menyenangkan yang mungkin harus dihadapi anak-anak. Dibandingkan dengan 14% orang dewasa, sakit kepala memengaruhi lebih dari 55% anak-anak yang diskrining untuk gejala COVID dan dinyatakan positif.

Hilangnya bau dan rasa

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa anosmia dan aphagia tujuh kali lebih mungkin menyerang anak-anak yang ditemukan positif COVID-19, yang berarti mereka juga berisiko lebih tinggi menderita kehilangan nafsu makan, kelelahan dan kelemahan, yang merupakan beberapa penyebabnya. 

Sebuah penelitian di Kanada juga menekankan bahwa anak-anak dengan kelompok gejala yang dijelaskan di atas lebih mungkin untuk dites positif dan menderita jenis infeksi yang parah daripada mereka yang tidak.

Sakit perut

Diare, sakit perut, kram, kesulitan makan, mual bisa menjadi beberapa tanda COVID-19 lainnya yang harus diperhatikan.

Sementara masalah usus dan perut cenderung lebih sering menyerang orang dewasa dalam kasus yang parah, itu bisa jauh lebih umum pada anak-anak dengan bentuk infeksi yang lebih ringan.

Seperti diketahui, jumlah kasus COVID-19 saat ini masih tinggi. Untuk itu, cara yang paling efektif dilakukan untuk mencegah penularan yaitu dengan mematuhi protokol kesehatan dan selalu melakukan 3M: Memakai Masker, Menjaga Jarak dan jauhi kerumunan serta Mencuci Tangan Pakai Sabun.

#ingatpesanibu
#satgascovid19
#pakaimasker
#cucitanganpakaisabun
#jagajarak

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya