Waspadai dan Kenali Perbedaan Gejala COVID-19 pada Anak-anak

Sakit flu
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Gejala COVID-19 bisa berbeda dari satu orang ke orang lain. Demikian pula, tingkat risiko dan komplikasi kesehatan juga dapat berkisar dari ringan hingga parah, tergantung pada kekebalan orang yang terinfeksi virus tersebut.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Dalam hal mendeteksi COVID-19 pada anak-anak, tanda dan gejala bisa sangat mirip atau sangat berbeda. Konon, jenis gejala yang dialami anak juga bisa berbeda dengan gejala COVID-19 yang dialami orang dewasa.

Menurut National Health Services (NHS) Inggris, gejala utama COVID-19 pada anak mirip dengan gejala yang dihadapi orang dewasa. Gejalanya meliputi, batuk baru atau terus menerus dan kehilangan atau perubahan indra penciuman dan perasa. 

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Selain itu, beberapa mungkin memiliki gejala pilek seperti sakit tenggorokan, hidung tersumbat, atau pilek dan menggigil, demikian dilansir dari Times of India.

Photo :
  • Times of India
PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Meskipun beberapa gejala utama yang dialami oleh anak-anak dan orang dewasa mungkin serupa, ada beberapa gejala yang mungkin berbeda pada keduanya, dalam hal dampak dan umur panjangnya.

Menurut aplikasi ZOE, aplikasi studi gejala COVID yang didirikan di Inggris Raya, kelelahan, kehilangan nafsu makan, dan sakit kepala telah dicatat sebagai gejala umum COVID pada anak-anak. 

Sementara 35 persen anak-anak dengan tes virus corona positif telah melaporkan kehilangan nafsu makan, 53 persen anak-anak yang dites positif juga melaporkan sakit kepala.

Sesuai dengan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, sakit kepala telah dinyatakan sebagai salah satu gejala resmi COVID-19 pada anak-anak. Laporan yang sama menunjukkan 55 persen anak juga merasa lelah atau lelah. COVID-19 pada balita dapat memicu tangisan dan tantrum juga.

Multisystem Inflammatory Syndrome (MIS-C): Apa itu?

Selain semua gejala umum dan klasik COVID-19 lainnya, laporan terbaru menunjukkan peningkatan jumlah kasus MIS-C pada anak-anak yang terinfeksi COVID-19. Sesuai penelitian, COVID-19 dapat menyebabkan kondisi serius yang disebut sindrom inflamasi multisistem pada anak-anak (MIS-C).

Anak-anak dengan kondisi MIS-C mengalami peradangan parah di berbagai organ tubuh, termasuk jantung, paru-paru, pembuluh darah, ginjal, sistem pencernaan, otak, kulit atau mata. 

Photo :
  • Times of India

Sebelumnya sekelompok peneliti di The New York Medics mengamati sekelompok 35 anak yang dirawat di dua rumah sakit. Dari 35 anak, 25 memenuhi kriteria sindrom (MIS-C). Petugas medis mengklaim bahwa sindrom tersebut memengaruhi setidaknya dua organ di tubuh mereka, dengan "tidak ada diagnosis alternatif yang masuk akal".

Gejala MIS-C yang harus diwaspadai

Seorang anak positif COVID yang telah mengembangkan sindrom inflamasi multisistem (MIS-C) dapat menunjukkan berbagai gejala selain tanda-tanda COVID-19 yang paling umum. Berikut beberapa gejala yang harus diwaspadai.

- Suhu tinggi untuk jangka waktu yang lama.

- Sakit perut

- Diare atau mual

- Ruam atau perubahan warna kulit

- Sesak napas dan kesulitan bernapas

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya