Orangtua Wajib Tahu, 6 Cara Sederhana Jaga Kesehatan Mental Anak

Ilustrasi anak bermain
Sumber :
  • Pixabay/rbalouria

VIVA – Tak hanya kesehatan fisik, menjaga kesehatan mental juga sama pentingnya bagi anak. Bagaimana mereka menghadapi stres dan pelajaran bisa berdampak besar pada kesejahteraan mental mereka.

Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

Dilansir Times of India, data menunjukkan bahwa sekitar 1 dari 5 anak mengalami masalah kesehatan mental.

Berikut beberapa langkah mudah menjaga kesehatan mental buah hati.

Waspadai Pergaulan Bebas Anak: Kenali Dampak dan Tips Pencegahannya

Mengambil langkah pencegahan
Memang tidak semua masalah kesehatan bisa dicegah, tapi Anda bisa mengambil langkah yang diperlukan untuk menjaga mental buah hati Anda sesehat mungkin.

Mencontohkan kebiasaan sehat
Kebanyakan masalah kesehatan mental dikarenakan gaya hidup yang tidak sehat. Pola makan sehat, tidur nyenyak, dan olahraga setiap hari akan menjaga pikiran dan tubuh mereka tetap sehat.

Jangan Anggap Remeh, Ini 4 Tanda yang Menunjukkan Anda Alami Stres

Selalu waspada dengan tindakan dan kebiasaan anak
Perhatikan perubahan dalam tindakan dan perilaku anak Anda. Anak yang bertingkah serta terlibat masalah adalah tanda bahwa ada sesuatu yang salah dengan mereka.

Beri dukungan
Untuk membangun kepercayaan, dengarkan anak dan beri mereka dukungan di saat sulit. Tunjukkan mereka bahwa Anda mencintainya dan selalu melindunginya.

Ajarkan cara kendalikan stres
Stres adalah bagian normal dalam kehidupan dan tidak ada yang bisa menghindarinya, bahkan anak-anak. Ajarkan mereka bagaimana menghadapi stres dengan cara yang sehat agar masa depannya sukses.

Jadilah panutan yang baik
Anak-anak belajar banyak hal dengan memperhatikan orangtua, jadi pertama-tama atasi kesehatan mental Anda terlebih dahulu. Ini akan membantu memangun lingkungan yang lebih sehat untuk anak-anak dan akan memberikan contoh positif.

Sebagian besar anak-anak yang mengalami masalah kesehatan mental tidak mendapatkan pertolongan yang mereka butuhkan. Ini bisa berdampak panjang pada perilku dan kesehatan mereka. Melakukan konseling bisa memperbaiki kesehatan mental anak dan membantunya untuk berkembang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya