Gak Cuma Berprestasi, Ini 3 Manfaat Anak Belajar Bahasa Asing

Ilustrasi anak belajar
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Belajar bahasa asing sebaiknya ditanamkan sejak dini. Sebab, seiring bertambahnya usia, anak akan lebih sulit dalam mempelajari sesuatu. Maka itu, bahasa asing harus diajarkan, bahkan sejak usia balita. Lalu, mengapa harus belajar bahasa asing?

Bule Ini Kagumi Sosok Guru Ngaji di Ambon yang Bisa 4 Bahasa Asing

Selain membuat anak berprestasi dan mendapatkan nilai yang lebih tinggi secara akademik, mempelajari bahasa asing ternyata memiliki banyak manfaat lain lho.

Dilansir Language Kids, berikut beberapa manfaat jika anak mempelajari bahasa asing.

Media Inggris Anggap Nama Semen Padang FC Unik, Kenapa Yah?

Meningkatkan kekuatan otak
Orang bilingual lebih unggul dibanding yang lain, tidak hanya dalam hal keterampilan komunikasi. Otak bilingual lebih padat, sehingga memberi keuntungan dalam berbagai kemampuan dan keterampilan, demikian menurut sebuah penelitian.

Peneliti Andrea Mechelli dari Wellcome Department of Imaging Neuroscience dan rekannya, termasuk para ahli dari Fondazione Santa Lucia di Roma, mengamati kepadatan otak orang bilingual.

Keren! Bocah Ajaib Asal Trenggalek Ini Terbitkan 40 Buku di Usia 11 Tahun, Full Bahasa Inggris

Hasilnya, para peneliti mengatakan, meskipun bahasa dianggap dimediasi oleh perubahan fungsional di otak, mereka menunjukkan bahwa bilingual secara struktural telah mengubah otak. Studi mereka menunjukkan efek paling kuat pada orang yang telah belajar bahasa kedua sebelum usia 5 tahun.

Mereka yang telah belajar bahasa Inggris pada usia muda memiliki kemahiran yang lebih tinggi dalam membaca, menulis, berbicara, dan memahami pidato bahasa Inggris.

Pemecahan masalah yang lebih baik
Anak-anak yang berbicara lebih dari satu bahasa belajar menegosiasikan makna sebagai bagian penting dari komunikasi di lebih dari satu sistem bahasa. Ini juga membantu mereka dalam tugas-tugas pemecahan masalah dan memberi anak kemampuan untuk mencari pendekatan yang berbeda untuk memecahkan suatu masalah. 

Hasil penelitian menunjukkan, ada hubungan antara bilingualisme dengan beberapa kemampuan, termasuk kemampuan untuk melakukan sesuatu secara abstrak tentang bahasa dan berpikir secara nonverbal.

Meningkatkan empati
Sebuah studi dari University of Chicago menemukan bahwa anak-anak yang berbicara lebih dari satu bahasa lebih baik dalam menempatkan diri mereka pada posisi orang lain dan memahami perspektif yang berbeda.

Bicara bahasa asing, platform digital, Lister hadir untuk menjawab kebutuhan siswa yang ingin meningkatkan kemampuan berbahasa asing tanpa terkendala ruang dan waktu. 

"Mampu berkomunikasi dengan bahasa asing adalah salah satu persyaratan penting untuk mendukung karier, bisnis, maupun pendidikan seseorang. Kemampuan bersaing secara global ini bisa membawa bangsa Indonesia untuk lebih maju ke depannya," ujar CEO Lister, Sigit Arifianto, dalam keterangan tertulis, Sabtu 27 Januari 2021. 

Seluruh pembelajaran dilaksanakan secara online. Kurikulum yang ada, juga sudah disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Materi yang diberikan pun merupakan yang terupdate. Berbagai pilihan kelas bahasa asing tersedia di sini, seperti Inggris, Korea, Jerman, Prancis, Arab, Turki, dan Jepang. 

Selain itu, ada berbagai program yang ditawarkan untuk segala usia dan kebutuhan. Mulai dari test preparations seperti IELTS, TOEFL, GMAT, GRE, maupun SAT, Scholarship Mentoring, Academic Writing, Pelatihan Jurnal Ilmiah, Speaking, Academic English, serta English for Kids and Teens.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya