Perjuangan 5 Artis Miliki Buah Hati Lewat Program Bayi Tabung

Artis-artis jalani program bayi tabung.
Sumber :
  • Instagram

VIVA – Deretan artis memilih menjalani program bayi tabung demi memiliki buah hati yang lama dinantikan. Mereka memilih bayi tabung lantaran kesulitan melalui proses kehamilan secara normal. Sebagian artis, memilih program tersebut untuk memiliki anak dengan jenis kelamin tertentu.

Bisakah Pasien Endometriosis Hamil Tanpa Program Bayi Tabung? Begini Kata Dokter

Lantas, siapa saja artis yang sudah menjalani program bayi tabung dan sukses dengan kehamilannya? Berikut rangkumannya.

Asmirandah

Pertama Dalam Sejarah! Badak Putih Utara Berhasil Hamil dengan Bayi Tabung

Photo :
  • Instagram @asmirandah89

Pasangan artis Asmirandah dan Jonas Rivano telah menanti kehdairan buah hatinya selama tujuh tahun pernikahan. Mereka merasa puas dengan tujuh tahun menjalani hidup pernikahan berdua. Maka dengan menjalani program bayi tabung adalah salah usaha mereka untuk memiliki buah hati.

3 Tahun, Klinik BlastulaIVF RS Siloam Sriwijaya Hasilkan Lebih dari 450 Kehamilan

"Sebenernya kita sebelumnya enggak terlalu mikirin juga (soal anak), pernikahan kita juga enjoy-enjoy aja, seru-seru aja. Tapi mengingat usia Andah sudah 30 tahun jadi ya kenapa enggak. Buat kita bayi tabung bukan sesuatu yang tabu banget untuk dijalani, namanya teknologi kan," ujar Jonas dalam konferensi pers saat itu.

"Jadi sudah jalan 3 bulan. Jadi sebenernya kita sudah jalanin program bayi tabung itu mulai konsul Februari pertengahan, setelah itu baru tindakan bayi tabung di Maret," kata Jonas lagi.

Di bulan Desember 2020 kemarin, buah hati mereka pun lahir dengan proses caesar. Menurutnya, keputusan untuk melahirkan secara caesar bukan atas keinginan pribadi. Melainkan keputusan dari dokter kandungan yang merawat dan menangani Asmirandah.

Tya Ariestya

Photo :
  • Instagram @tya_ariestya

Memiliki masalah medis menjadi alasan utama Tya Ariestya melakukan bayi tabung. Sukses dengan kehamilan pertamanya, kini Tya Ariestya sudah melahirkan anak kedua melalui program yang sama. Hal itu membuatnya berniat memiliki buah hati ketiga melalui program bayi tabung juga.

Pada tahun 2015 dalam program bayi tabung anak pertama, Tya pertama kalinya mengalami proses kehamilan. Di momen luar biasa itu, Tya ternyata memiliki beberapa pantangan.

“Disarankan, jangan pakai make up. Jadi, jerawat ini di mana-mana deh... hehe. Enggak apa-apa, kan demi anak," tutur Tya tersenyum di Klinik Morula IVF Indonesia, Jakarta Pusat, Senin 30 November 2015.

Sang dokter pun menyarankan, Tya dan Irfan untuk terus hidup sehat, agar program bayi tabung berhasil. Penggunaan riasan wajah banyak mengandung zat merkuri dan kimia yang dapat berpengaruh dengan program tersebut.

Kemudian, pada tahun 2019 lalu lahir anak kedua melalui program yang sama. Rencananya, anak ketiga juga akan melalui proses yang sama.

Zaskia sungkar

Photo :
  • instagram.com/zaskiasungkar15

Pasangan artis Zaskia Sungkar dan Irwansyah telah menanti kehadiran buah hatinya selama 9 tahun pernikahan. Di saat kehamilan anak ketiga sang adik, Shireen Sungkar, Zaskia mulai merasa begitu mendambakan kehadiran anak dari rahimnya.

Sebelumnya, Zaskia membeberkan kabar usai melewati program OPU (Ovarium Pick Up) di sebuah rumah sakit. Kabar itu ia konfirmasi dalam vlog berjudul "Pejuang 2 Garis, Kia Operasi Apa? Syahki Journey Part1".

"Sudah bersyukur banget nih, tapi tetap ada bad news-nya. Aku langsung aduh apalagi ya Allah. Bad news-nya adalah (dokter bilang) 'Kia, kamu ini, saya melihat kamu ada polipnya dari hasil USG transvaginal. Jadi mustahil untuk hamil karena ini panas untuk embrionya enggak akan bagus," kata saudara kandung Shireen Sungkar, dikutip dari vlog The Sungkars Family, Jumat 4 September 2020.

Pada 29 April 2020, Zaskia Sungkar melakukan operasi mengambil dan membuang polip. Setelah diambil, Zaskia juga tak langsung hamil. Mereka pun memutuskan menjalani program bayi tabung, meski sempat ada kegagalan. Tetapi, keajaiban ternyata tetap menghampiri dan terdapat empat embrio yang bertahan. Lalu, dari empat embrio, bertahan satu dan membuahkan kehamilan.

Ratna Galih

Photo :
  • Instagram/@Ratna Galih

Telah memiliki 3 anak sebelumnya, Ratna Galih sengaja menjalani program bayi tabung demi mendapatkan anak perempuan. Tak disangka, program tersebut berhasil dan membuatnya bisa memiliki anak kembar.

"Kalau yang ini emang sudah aku rencanain banget karena pengin anak cewek, aku tuh ngejar anak cewek. Embriony Embrionya dimasukin dua dan Alhamdulillah dua-duanya jadi,” ujar Ratna

Ratna yang harus melahirkan dengan operasi caesar, sempat tegang saat diminta memasuki ruangan operasi, ini merupakan pengalaman pertamanya untuk operasi caesar.

Cynthia lamusu

Photo :
  • Instagram @cynthia_lamusu

Menunggu selama delapan tahun, pasangan artis Cynthia Lamusu dan Surya Saputra akhirnya telah dikarunia anak. Usai banyaknya perjuangan yang dijalani, akhirnya Cynthia merasakan hamil untuk pertama kalinya. Melalui program bayi tabung, mereka antusias akan dikaruniai anak pertama.

"Alhamdulillah kembar. Sebenarnya tidak diniatkan tapi alhamdulillah diberi kepercayaan untuk dua janin kembar," ujar Cynthia.

Pada Desember 2016, anak pertama mereka lahir dan diberi nama Tatjana dan Bima. Keduanya pun kini terlihat makin harmonis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya