Bunda, Persiapkan 5 Langkah Penting Hamil Nyaman Agar Bayi Sehat

ilustrasi ibu hamil
ilustrasi ibu hamil
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Kehamilan merupakan hal yang dinanti-nanti oleh banyak pasangan untuk bisa mendapat momongan. Kendati demikian, banyak yang melupakan beberapa bagian penting agar bisa menjalani kehamilan dengan nyaman dan melahirkan bayi yang sehat.

Kondisi ibu dan janin yang sehat merupakan prioritas utama dalam proses kehamilan hingga melahirkan. Untuk mencapai hal tersebut, butuh beberapa persiapan yang mana kerap diabaikan para pasangan. Apa saja persiapan yang perlu diperhatikan tiap pasangan?

Memeriksa riwayat medis

Dituturkan Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Siloam Hospitals Kebon Jeruk, dr Stephen V Mandang, Sp.OG, pentinganya memeriksakan diri terkait kesehatan fisik, berkaitan erat dengan kondisi anak kelak. Maka, persiapan tersebut sebaiknya dilakukan sebelum pasangan menikah dan nantinya mengandung.

"Sebelum menikah sebaiknya memeriksakan diri ke dokter. Apakah dirinya dan pasangan memiliki problem medis atau riwayat medis di masalah keluarga sehingga bisa dicegah sebelum menikah bahkan sebelum punya anak," ujar dokter Stephen dalam acara virtual Siloam Hospital Kebon Jeruk, baru-baru ini.

Batasan usia

Selain itu, kebutuhan materi perlu dipersiapkan untuk perencanaan kesehatan si kecil. Perlu juga dipahami bahwa kesiapan mental serta batasan usia sangat berpengaruh dalam memiiki bayi yang sehat.