Benarkah Ada Makhluk Mitos Menghantui Si Kecil Saat Rewel Sendirian?

ilustrasi bagaimana si Kecil bisa menghantui orang tua akibat ruam popok
Sumber :
  • Dokuemntasi Sweety

VIVA – Masih banyak orang tua di Indonesia yang percaya pada makhluk mistis, mitos, dan takhayul. Mereka mengira, jika si Kecil menangis sendirian tanpa henti baik saat beraktivitas di siang hari maupun saat tidur di malam hari, berarti si kecil sedang diganggu oleh makhluk mitos. Padahal, bisa saja bayi menangis tanpa henti karena popoknya sudah terlalu penuh. 

Banyak Hal Mistis Terjadi di Rumah Jennifer Jill: Tiba-tiba Ada Ular Jatuh di Kepala Gue

Terinspirasi dari kepercayaan tersebut, Sweety meluncurkan inisiatif kreatif berupa rangkaian iklan cetak yang menggambarkan bagaimana jika tidak mengganti popok tepat waktu dapat membuat si Kecil berubah menjadi makhluk yang dapat “menghantui” orang tua. 

Visual dalam ide inisiatif ini digambarkan menjadi 3 macam makhluk mitos yaitu Gunderuwo, Buto Ijo, dan Leyak yang juga diperkuat dengan tulisan “Ganti Sebelum Menghantui” yang menekankan pentingnya mengganti dengan popok berkualitas, mengecek popok si Kecil secara berkala, dan segera menggantinya tanpa perlu menunggu penuh. Hal ini juga penting untuk menjaga kesehatan kulit si Kecil dan mencegah terjadinya ruam popok.

Manfaat Popok Dewasa untuk Lansia Hingga Tips Pilih yang Tepat

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Sweety, 80 persen iritasi penyebab ruam popok disebabkan oleh kontak yang terlalu lama dengan popok lembab, sehingga timbul bakteri dan jamur. 

Bakteri dan jamur ini akan menyebabkan masalah kulit seperti iritasi, infeksi, gatal-gatal, dan kemerahan. Hal tersebut membuat si Kecil menjadi tidak nyaman ketika beraktivitas dan menurunkan kualitas tidurnya.

Bikin Merinding! Coki Pardede Diganggu Makhluk Astral di Rumah Roy Marteen

Untuk mencegah terjadinya ruam popok yang dapat mengganggu kesehatan kulit si Kecil bunda disarankan untuk mengganti popok sesering mungkin. Ini penting agar si Kecil merasa nyaman, bebas bergerak dan bisa beristirahat tanpa rewel. 

“Kami sangat memahami bahaya ruam popok bagi si Kecil yang dapat menganggu kesehatan kulitnya. Bila terlambat ditangani, hal ini dapat menyebabkan infeksi jamur, iritasi, atau luka, sehingga si Kecil menjadi gampang rewel,"  ujar Wenny Damayanti (Head of Marketing Baby Care – Kimberly Clark Softex) lewat rilis yang diterima VIVA.

Seperti diketahui, ruam popok akan berakibat pada terganggunya aktivitas sehari-hari serta pola tidur si Kecil. Padahal pola tidur di 1.000 hari pertama si Kecil sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangannya. 

"Oleh karena itu, orang tua turut berperan besar dalam memperhatikan kecukupan tidur si Kecil agar fisik dan mentalnya menjadi lebih siap menghadapi tantangan esok hari," tambah Wenny.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya