#TanyaDokter: Mengapa Ibu Hamil Mudah Gerah dan Berkeringat?

Ilustrasi hamil/ibu hamil.
Sumber :
  • Freepik/lookstudio

VIVA – Kali ini, rubrik #TanyaDokter di laman VIVA.co.id kembali menghadirkan Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan atau sering disebut dengan dokter Obgyn. Ayah dan bunda bisa menanyakan beragam hal terkait kehamilan.

Terkuak, Usia Janin Wanita Hamil di Kelapa Gading yang Tewas Dibunuh

Salah satu pembaca VIVA menanyakan masalah terkait masalah yang sering dialami oleh ibu hamil. Simak pertanyaan dan jawabannya.

“Mengapa ibu hamil mudah gerah dan berkeringat?”

Wanita Hamil Tewas di Ruko Kelapa Gading Dipaksa Aborsi oleh Kekasih Gelapnya

Menurut dr. Andry, Sp.OG, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan RS Pondok Indah-Puri Indah dan RS Pondok Indah-Bintaro Jaya, gerah dan berkeringat yang dialami ibu hamil meski cuaca lingkungan tidak panas adalah hal yang wajar.

Photo :
  • Istimewa
Wanita Hamil yang Ditemukan Tewas di Ruko Kelapa Gading Punya Hubungan dengan Terduga Pelaku

"Beberapa penyebabnya adalah perubahan kadar hormon yang mengakibatkan peningkatan suhu tubuh, peningkatan aliran darah (utamanya ke daerah rahim untuk menunjang tumbuh kembang janin di dalam kandungan), serta metabolisme tubuh ibu hamil yang meningkat guna mendukung tumbuh kembang janin.

Ia pun menambahkan bahwa hal itu tak perlu dikhawatirkan. Berikut cara mengatasinya.

"Untuk mengatasinya, ibu hamil dapat meminum air putih 8 gelas atau lebih dalam sehari, tidak mengonsumsi kafein yang mungkin menyebabkan suhu tubuh meningkat dan dehidrasi, serta mengenakan pakaian longgar yang nyaman," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya