#TanyaDokter: Mengapa Ibu Hamil Mudah Gerah dan Berkeringat?

Ilustrasi hamil/ibu hamil.
Sumber :
  • Freepik/lookstudio

VIVA – Kali ini, rubrik #TanyaDokter di laman VIVA.co.id kembali menghadirkan Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan atau sering disebut dengan dokter Obgyn. Ayah dan bunda bisa menanyakan beragam hal terkait kehamilan.

Oknum Polisi Calon Perwira Aniaya Istri yang Sedang Hamil, Dilaporkan ke Polda Sumut

Salah satu pembaca VIVA menanyakan masalah terkait masalah yang sering dialami oleh ibu hamil. Simak pertanyaan dan jawabannya.

“Mengapa ibu hamil mudah gerah dan berkeringat?”

Inong Ayu, Istri Abimana Aryasatya Umumkan Hamil Anak Kelima di Usia 43 Tahun

Menurut dr. Andry, Sp.OG, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan RS Pondok Indah-Puri Indah dan RS Pondok Indah-Bintaro Jaya, gerah dan berkeringat yang dialami ibu hamil meski cuaca lingkungan tidak panas adalah hal yang wajar.

Photo :
  • Istimewa
Netizen Duga Syahrini Lagi Hamil, Foto Pakai Baju Lebaran Jadi Sorotan

"Beberapa penyebabnya adalah perubahan kadar hormon yang mengakibatkan peningkatan suhu tubuh, peningkatan aliran darah (utamanya ke daerah rahim untuk menunjang tumbuh kembang janin di dalam kandungan), serta metabolisme tubuh ibu hamil yang meningkat guna mendukung tumbuh kembang janin.

Ia pun menambahkan bahwa hal itu tak perlu dikhawatirkan. Berikut cara mengatasinya.

"Untuk mengatasinya, ibu hamil dapat meminum air putih 8 gelas atau lebih dalam sehari, tidak mengonsumsi kafein yang mungkin menyebabkan suhu tubuh meningkat dan dehidrasi, serta mengenakan pakaian longgar yang nyaman," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya