#TanyaDokter: Tips Nyaman Saat Hamil Besar dan Perut Sering Sakit

Ilustrasi hamil/ibu hamil.
Sumber :
  • Freepik/drobotdean

VIVA – Dalam kesempatan ini, rubrik #TanyaDokter di laman VIVA.co.id menghadirkan Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan atau Obgyn. Di mana Ayah dan bunda bisa bertanya mengenai hal-hal seputar kehamilan.

Oknum Polisi Calon Perwira Aniaya Istri yang Sedang Hamil, Dilaporkan ke Polda Sumut

Nah, salah satu pembaca VIVA menanyakan tips tetap nyaman saat hamil besar. Berikut pertanyaannya.

"Tips agar ibu hamil merasa nyaman saat hamil besar, karena perut bagian bawah seringkali terasa sakit dan tidak nyaman?"

Inong Ayu, Istri Abimana Aryasatya Umumkan Hamil Anak Kelima di Usia 43 Tahun

Menjawab pertanyaan ini, dr. Andry, Sp.OG, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan RS Pondok Indah-Puri Indah dan RS Pondok Indah-Bintaro Jaya, menjelaskan penyebab ibu hamil sering merasa tidak nyaman saat usia kandungan sudah memasuki trimester akhir, di mana perut sering terasa sakit.

Photo :
  • Istimewa
Netizen Duga Syahrini Lagi Hamil, Foto Pakai Baju Lebaran Jadi Sorotan

"Bertambahnya ukuran rahim sepanjang masa kehamilan dapat membuat jaringan ikat penyangga rahim meregang, sehingga muncul rasa sakit dan tidak nyaman," ucapnya.

Meski begitu, ia menambahkan bahwa ini adalah hal yang wajar terjadi. Namun, jangan khawatir, karena dr. Andry memberikan tis mengurangi rasa nyerinya.  

"Demi mengurangi rasa nyeri, ibu hamil dapat meletakkan kompres hangat pada bagian bawah perut, melakukan olahraga ringan (jalan santai, yoga, senam ibu hamil), atau jika diperlukan mengonsumsi obat pereda nyeri yang dianjurkan oleh dokter spesialis dan kandungan ibu hamil," ujarnya.

"Pastikan juga sakit yang ibu hamil alami bukan akibat dari kontraksi, infeksi saluran kemih, konstipasi atau masalah medis lainnya," katanya menambahkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya