#TanyaDokter: Bolehkan Berhubungan Seks saat Hamil Trimester Pertama?

Ilustrasi bercinta/ciuman.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Di hari Rabu, 16 Juni 2021 ini, rubrik #TanyaDokter di laman VIVA.co.id kembali menghadirkan Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan atau Obgyn yang siap menjawab pertanyaan seputar kehamilan yang ditanyakan oleh pembaca.

Viral Ibu Hamil Alami Hilang Janin: Gamau Suudzon, Tapi…

Salah satu pertanyaan yang diajukan VIVanian adalah mengenai seks di trimester pertama kehamilan. Simak pertanyaan lengkapnya.

"Bolehkah melakukan seks di trimester pertama? Karena pernah muncul flek setelahnya, apakah berbahaya?"

5 Tips Aman dan Nyaman Mudik untuk Ibu Hamil, Jangan Lupa Konsultasi ke Dokter Kandungan

Terkait hal ini, dr. Andry, Sp.OG, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan RS Pondok Indah-Puri Indah dan RS Pondok Indah-Bintaro Jaya mengungkapkan bahwa secara umum, tidak ada larangan untuk melakukan hubungan seksual pada trimester pertama kehamilan.

Namun, ada syaratnya, asalkan kehamilan dalam kondisi sehat.

7 Golongan Orang yang Tidak Wajib Melaksanakan Puasa, Apakah Kamu Termasuk?

Photo :
  • Istimewa

Lantas, bagaimana kondisi sehat yang dimaksud?

"Tidak ada perdarahan atau flek, posisi plasenta tidak menutupi jalan rahim, selaput ketuban utuh, posisi hubungan seksual tidak membahayakan janin, serta ejakulasi tidak dilakukan di dalam vagina," jelas dr. Andry.

Hal itu dikarenakan hormon prostaglandin yang terdapat pada cairan sperma akan mungkin menyebabkan kontraksi pada rahim.

Lebih lanjut, jika terjadi flek setelah berhubungan seksual, ini yang harus Anda lakukan.

"Namun jika ibu hamil pernah mengalami muncul flek setelah hubungan intim, lebih baik jangan melakukan dulu hubungan intim tersebut dan ibu berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan lebih lanjut," tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya