#TanyaDokter: Bolehkah Ibu Hamil Makan Kerang, Nangka dan Nanas?

Ilustrasi hamil/ibu hamil.
Sumber :
  • Freepik/lookstudio

VIVA – Rubrik #TanyaDokter kali ini, Kamis, 17 Juni 2021 kembali menghadirkan Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan sebagai narasumber. Ayah dan bunda bisa mengajukan pertanyaan apa pun seputar kehamilan dan kesehatan ibu hamil.

Terkuak, Usia Janin Wanita Hamil di Kelapa Gading yang Tewas Dibunuh

Sakah satu pembaca menanyakan mengenai makanan-makanan yang seringkali disebut berbahaya dikonsumsi saat hamil. Berikut pertanyaannya.

"Apakah benar makan nangka, kerang, semangka, nanas, dan daging panggang saat hamil berbahaya?"

Wanita Hamil Tewas di Ruko Kelapa Gading Dipaksa Aborsi oleh Kekasih Gelapnya

Menjawab pertanyaan tersebut, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan RS Pondok Indah-Puri Indah dan RS Pondok Indah-Bintaro Jaya, dr. Andry, Sp.OG mengatakan bahwa makanan yang berbahaya untuk dikonsumsi oleh ibu hamil meliputi beberapa jenis hewan laut.

Photo :
  • Istimewa
Wanita Hamil yang Ditemukan Tewas di Ruko Kelapa Gading Punya Hubungan dengan Terduga Pelaku

Itu karena makanan-makanan tersebut mengandung merkuri yang tinggi.

"Selain itu daging dan/atau telur mentah, sayuran mentah atau buah yang tidak dibersihkan, karena mungkin mengandung kontaminasi bakteri, virus, parasit yang dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin," ucapnya.

Lalu, bagaimana dengan buah-buahan seperti nangka, semangka dan nanas?

Menurut Andry, tak masalah mengonsumsi buah-buah tadi saat hamil asal dimakan dengan porsi moderat.

"Sedangkan untuk buah nangka, semangka, nanas tidak ada masalah, asal dikonsumsi dalam jumlah wajar dan lebih baik dalam bentuk buah segar/buah potong ketimbang minuman kaleng," jelasnya.

Tapi, khusus buat nanas, ada catatan penting nih.

"Khusus untuk nanas, memang buah tersebut mengandung bromelain, zat yang jika dikonsumsi terlalu banyak dapat memicu kontraksi terutama pada awal kehamilan," katanya.

Kemudian untuk kerang sebaiknya tidak dikonsumsi saat hamil. Sementara daging panggang boleh dimakan asal dimasak hingga benar-benar matang.

"Kerang adalah hewan laut yang diduga mengandung banyak merkuri, sebaiknya tidak dikonsumsi ibu hamil. Sedangkan daging panggang asalkan matang sempurna, boleh saja dikonsumsi," tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya