17 Nama Surga dalam Alquran, Yuk Ajarkan pada Anak

Ilustrasi salat/mengajarkan anak salat.
Sumber :
  • Freepik/rawpixel.com

VIVA – Bagi orangtua yang beragama Muslim, ada banyak cara untuk memgajarkan anak tentang kebaikan agama. Salah satunya dengan mengenalkan kepada mereka nama-nama surga, beserta dalil dan penghuninya.

Inspirasi Membantu Sesama

Dalam Islam, siapa pun yang berbuat baik dan beramal saleh, akan dijanjikan tempat yang indah dan nyaman bernama surga. Oleh karena itu, selain menambah pengetahuan si kecil, mengajarkannya tentang surga juga diharapkan bisa mendorongnya untuk berbuat baik.

Surga terdiri dari beberapa tingkatan. Namun, hanya beberapa namanya yang tertulis atau disebutkan dalam Alquran. Berikut beberapa nama surga yang bisa diajarkan pada si kecil.

Alasan Nikita Willy Biarkan Baby Issa Makan Sambil Ngantuk

1. Surga Firdaus

Nama surga ini muncul dalam QS Al-Mu'minun
ayat 1-11. Di sana, Allah SWT berfirman tentang
calon penghuni surga firdaus, yakni surga yang
terbuat dari emas. Adapun calon penghuni surga firdaus berdasarkan ayat tersebut di antaranya adalah:

Kondisi Anak Isa Bajaj Alami Kekerasan Kemaluan Ditendang, Sampai Periksa ke Poli Kandungan

-Orang-orang yang khusyu sembahyangnya
-Siapa pun yang menjauhkan diri dari perbuatan dan perkataan tak berguna.
-Orang yang menunaikan zakat, menjaga kehormatannya.
-Orang yang memelihara amanat dan sembahyangnya.

Golongan tersebutlah yang nantinya akan menempati surga firdaus dan mereka kekal di dalamnya.

2. Surga Al Jannah

Arti dari nama surga ini adalah tertutup dan tersembunyi. Dalam bahasa Arab, kata ini juga berarti sebuah surga di mana di dalamnya ada kebun yang penuh dengan pepohonan dan kurma. Nama surga ini disebutkan sebanyak 54 kali dalam 28 surat di Alquran.

3. Darul Khuldi

Ini merupakan surga yang di dalamnya terdapat kehidupan kekal dan abadi. Di sana tidak ada kematian. Nama surga ini pernah disebutkan dalam surat Qaf ayat 34.

4. Jannatul Ma'wa

Saat diartikan, nama surga ini memiliki arti sebagai tempat berlindung. Orang yang masuk ke dalamnya akan terlindungi oleh Allah SWT. Nama surga ini pernah dimunculkan dalam firman Allah SWT dalam surat An-Najm ayat 15.

5. Surga 'Adn

Nama surga ini muncul dalam firman Allah di QS Maryam ayat 61 yang berbunyi:

"Yaitu Surga 'Adn yang telah dijanjikan Tuhan Yang Maha Pemurah kepada hamba-hamba-Nya. Sekalipun surga itu tidak tampak. Sesungguhnya janji Allah itu pasti ditepati."

6. Surga Na'im

Merupakan surga yang banyak mengandung keberkahan di dalamnya. Orang yang menempati surga itu akan diberkahi apa yang ia inginkan, seperti makanan, minuman, pakaian, dan lainnya. Nama surga ini muncul dalam surat Lukman ayat 8.

7. Darussalam

Nama surga ini sebutkan dalam surat Al-An'am ayat 127. Surga ini disebut sebagai tempat berlindung bagi mereka yang senantiasa mengerjakan amal-amal shaleh.

8. Jannatul Khuld

Surga Jannatul Khuld merupakan tempat yang kekal bagi mereka yang bertakwa. Ini merupakan tempat yang dihadiahkan Allah SWT bagi umat Muslim yang selalu menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Nama surga ini disebut dalam surat Al-Furqan ayat 15.

9. Darul Muqamah

Nama surga ini disebutkan dalam surat Fathir ayat 34 dan 35. Ini merupakan surga yang kekal di mana semua penghuninya tidak merasa lelah dan tidak pula merasa lesu. Surga ini disediakan untuk mereka yang selalu bersyukur atas berkah Allah SWT.

10. Maq'adu Shidq

Disebutkan dalam surat Al-Qamar ayat 54-55, Maq'adu Shidq merupakan surga yang di dalamnya terdapat taman dan sungai-sungai.

Nah, penasaran dengan nama surga ke-11 hingga 17? Lanjutkan membaca lewat tautan berikut ini, ya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya