5 Perubahan Pada Kulit Saat Masa Kehamilan

ibu hamil
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Kehamilan adalah perjalanan yang menyenangkan bagi setiap ibu. Namun banyak tantangan dan masalah yang dihadapi. Akibat perubahan hormonal, seorang wanita mengalami beberapa perubahan fisik selama sembilan bulan perjalanannya. 

7 Tips Pakai Sunscreen yang Tepat, Dijamin Bisa Hempas Komedo

Sementara kebanyakan dari mereka pergi sendiri setelah melahirkan, yang lain bertahan untuk waktu yang lama. Itu juga berlaku dalam kasus masalah kulit. Perubahan fisik, hormonal dan imunologis yang terjadi selama fase ini juga mengubah kulit ibu hamil

Sama seperti kesehatan fisik dan mental Anda, setiap perubahan pada kulit tidak boleh dianggap enteng. 

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

Berikut adalah lima perubahan yang harus diperhatikan selama kehamilan dikutip dari Times of India.

Tahi lalat

Harus Dicegah Sejak Dini, Inilah Masalah Kulit yang Rentan Dialami oleh Wanita Hamil

ilustrasi tahi lalat

Photo :
  • Pixabay/pexels

Ukuran, bentuk, dan warna, wanita mengalami segala macam perubahan pada tahi lalat mereka selama kehamilan. Sesuai data, sekitar 10 persen wanita melaporkan perubahan tahi lalat yang ada selama fase ini. 

Sebagian besar perubahan ini bersifat sementara karena peregangan kulit, terutama di area seperti payudara dan perut. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan tentang tahi lalat seperti itu. 

Namun, beberapa perubahan bisa menjadi tanda potensi kanker kulit dan pemeriksaan rutin dapat membantu mengekangnya pada tahap awal. Jadi, carilah tahi lalat yang tidak simetris, memiliki batas, kebanyakan berwarna atau hitam dan memiliki diameter lebih dari 6mm.

Perubahan warna

Banyak wanita hamil juga mengembangkan coklat vertikal di perut mereka. Disebut sebagai linea nigra, garis hitam ini terbentuk karena perubahan hormonal. Garis serupa juga terlihat di pinggul dan paha. Ini adalah bagian alami dari kehamilan dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan. 

Garis-garis ini memudar setelah melahirkan. Beberapa wanita juga mengalami eksim dan penggelapan kulit. Jika kondisinya menjadi ekstrem dan tidak terkendali, konsultasikan dengan dokter Anda untuk mendapatkan beberapa pelembab atau salep.

Tag kulit

Sama seperti tahi lalat, pertumbuhan kutil kecil, longgar, dan tidak berbahaya juga umum terjadi selama fase kehamilan. Tag ini kebanyakan muncul di bawah lengan dan payudara.

Mereka sebagian besar muncul selama trimester kedua dan ketiga karena peningkatan kadar hormon estrogen dan progesteron. Sayangnya, tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk mencegahnya. Tetapi Anda dapat dengan mudah menghilangkannya setelah kehamilan dan berkonsultasi dengan dokter.

Tanda peregangan

Stretch mark atau distensae adalah perubahan umum yang terjadi selama kehamilan. Untuk memberi ruang bagi bayi yang sedang tumbuh, rahim mengembang dan dengan itu, otot-otot perut juga meregang. Peregangan kulit juga umum terjadi di area seperti payudara, bokong, dan pinggul. 

Setelah melahirkan, kemerahan kembali normal, tetapi bekasnya tetap selamanya. Jika Anda khawatir dengan bekasnya, oleskan salep sebagai retinoid untuk mempercepat proses penyembuhan.

Jerawat 

Jerawat

Photo :
  • U-Report

Dari komedo hingga komedo putih, hormon kehamilan juga dapat menyebabkan jerawat parah. Jerawat ini sangat berbeda dari yang pecah selama masa remaja. Wabah jerawat ini bisa sangat sulit untuk ditangani dan bisa bertahan selama masa kehamilan. 

Yang terbaik adalah tidak melakukan perawatan jerawat apa pun sendiri. Bicaralah dengan dokter kulit atau dokter Anda untuk perawatan yang tepat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya