5 Strategi Bantu Anak Unggul dan Berprestasi di Sekolah

Ilustrasi anak belajar.
Sumber :
  • Freepik/bristekjegor

VIVA – Memiliki anak yang mampu mencetak prestasi di sekolah memang menjadi kebanggaan tersendiri bagi orangtua. Tapi jangan lupa, usia anak adalah waktu untuk mereka bermain, jadi jangan terlalu mengekang anak untuk terus-menerus belajar.

Kemnaker Berikan Beasiswa Pendidikan Wujud Kepedulian Generasi Penerus Bangsa

Nah, untuk mendukung anak agar unggul dan berprestasi di sekolah, berikut beberapa strategi yang bisa orangtua terapkan untuk membantu anak, dilansir Times of India.

Tetapkan tujuan
Hal pertama dan terpenting yang harus dilakukan orangtua adalah membantu anak menetapkan tujuan yang realistis, sambil memantau kemajuan anak.

Heboh Uang Jajan Anak Artis, Arie Untung dan Fenita Arie Terapkan Kesederhanaan

Membuat daftar hambatan
Buatlah daftar masalah atau hambatan yang dihadapi anak, kemudian cari alternatif untuk mengatasinya. Contoh, jika anak tidak bisa memecahkan masalah aljabar, mintalah dia untuk melanjutkan dengan beberapa masalah geometri, agar tidak membuang waktu berjam-jam untuk menyelesaikannya.

Buatlah strategi yang dapat mendukung anak ketika mereka terjebak, agar mereka tidak menyerah dan dapat melihat jalan menuju kesuksesan bahkan ketika menemukan kesulitan.

Profil Rudy Hartono Legenda Bulutangkis Indonesia Peraih Trofi All England Terbanyak

Istirahat
Membuat anak belajar terus-menerus hanya akan membuat anak jadi tidak nyaman dan tidak tertarik lagi dengan belajar. Oleh karena itu, beri anak waktu istirahat yang diperlukan. Pastikan anak diberikan waktu istirahat yang optimal, setelah 1-2 jam belajar. 

Tawarkan hadiah
Iming-imingi anak dengan hadiah untuk membujuk mereka melakukan sesuatu. Sebagai awal, berikan hadiah sederhana, kemudian secara bertahap tingkatkan sesuai dengan prestasi dan perilaku mereka. 

Memberikan hadiah atau penghargaan adalah teknik motivasi terbaik bahkan untuk membantu anak mengingat momen sukses yang dialami dalam waktu lama. 

Berkomunikasi dengan anak
Saat memulai hari atau menjelang tidur, pastikan orangtua mengobrol dan berkomunikasi dengan anak. Cobalah berbicara tentang rencana, tujuan dan metode yang akan dipakai anak di hari itu. 

Sementara jelang tidur adalah tanggung jawab orangtua untuk meyakinkan atau menghibur anak jika mereka menemui kesulitan. Dorong mereka untuk berbuat lebih baik dan katakan tidak apa-apa jika anak gagal mencapai tujuan. 

Nah, jika anak bisa unggul dan berprestasi di sekolah, bukan tidak mungkin, kesempatan untuk mendapatkan beasiswa juga terbuka lebar. Salah satu yang membuka kesempatan itu adalah perusahaan global, KT&G, yang menyalurkan beasiswa kepada para pelajar dan mahasiswa. 

KT&G telah menyalurkan beasiswa kepada 80 pelajar kelas 3 dan kelas 4 di SMK N 1 Purwosari dan 40 mahasiswa tahun ketiga di Universitas Brawijaya. Proses pemilihan beasiswa mempertimbangkan kondisi keluarga, prestasi akademis, dan aspek-aspek lain. 

Chief, Global Headquarter, KT&G, Jaeyoung Cho, menjelaskan, mereka akan menandatangani nota kesepahaman dengan sejumlah sekolah dan universitas, untuk memperlancar proses penyaluran beasiswa pada akhir September 2021 

"Kami juga berencana menyerahkan sertifikat beasiswa dan membagikan beasiswa tersebut pada awal Oktober 2021. Total beasiswa yang dibagikan mencapai sekitar US$60.000," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu 29 September 2021. 

Jaeyoung Cho menambahkan, mereka berencana menyalurkan beasiswa senilai US$8.000 kepada 17 pelajar pada Oktober 2021 mendatang, lewat proses seleksi berdasarkan praktik-praktik terbaik oleh tenaga pengajar 'Sangsang Univ' di Indonesia.

"Kami telah membantu pembinaan generasi muda berbakat dengan memilih penerima beasiswa di Indonesia dan berkontribusi terhadap penciptaan lingkungan pendidikan terbaik. Kami akan menjajaki langkah untuk mengaitkan program kerja magang dan rekrutmen tenaga kerja. Hal ini turut mengatasi keterbatasan lapangan pekerjaan, tentunya dengan mempertimbangkan kondisi COVID-19," tutur Jaeyoung Cho.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya