5 Strategi Bantu Anak Unggul dan Berprestasi di Sekolah

Ilustrasi anak belajar.
Ilustrasi anak belajar.
Sumber :
  • Freepik/bristekjegor

VIVA – Memiliki anak yang mampu mencetak prestasi di sekolah memang menjadi kebanggaan tersendiri bagi orangtua. Tapi jangan lupa, usia anak adalah waktu untuk mereka bermain, jadi jangan terlalu mengekang anak untuk terus-menerus belajar.

Nah, untuk mendukung anak agar unggul dan berprestasi di sekolah, berikut beberapa strategi yang bisa orangtua terapkan untuk membantu anak, dilansir Times of India.

Tetapkan tujuan
Hal pertama dan terpenting yang harus dilakukan orangtua adalah membantu anak menetapkan tujuan yang realistis, sambil memantau kemajuan anak.

Membuat daftar hambatan
Buatlah daftar masalah atau hambatan yang dihadapi anak, kemudian cari alternatif untuk mengatasinya. Contoh, jika anak tidak bisa memecahkan masalah aljabar, mintalah dia untuk melanjutkan dengan beberapa masalah geometri, agar tidak membuang waktu berjam-jam untuk menyelesaikannya.

Buatlah strategi yang dapat mendukung anak ketika mereka terjebak, agar mereka tidak menyerah dan dapat melihat jalan menuju kesuksesan bahkan ketika menemukan kesulitan.

Istirahat
Membuat anak belajar terus-menerus hanya akan membuat anak jadi tidak nyaman dan tidak tertarik lagi dengan belajar. Oleh karena itu, beri anak waktu istirahat yang diperlukan. Pastikan anak diberikan waktu istirahat yang optimal, setelah 1-2 jam belajar. 

Tawarkan hadiah
Iming-imingi anak dengan hadiah untuk membujuk mereka melakukan sesuatu. Sebagai awal, berikan hadiah sederhana, kemudian secara bertahap tingkatkan sesuai dengan prestasi dan perilaku mereka.