Studi: Anak-anak Dapat Menjadi Penyebar COVID-19 dan Variannya 

Memakai masker
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Di banyak bagian dunia, anak-anak di bawah usia 18 tahun masih belum memiliki akses ke vaksin COVID-19. Tidak hanya membuat mereka lebih rentan terhadap virus, tetapi mereka juga berpotensi menjadi penyebar penyakit.

Kemen-PPPA: Perempuan Lebih Rentan Terdampak Perubahan Iklim karena Peran Tradisional Gender

Dengan munculnya varian baru, virus SARs-COV-2 menjadi lebih merajalela dan lebih mematikan. Sama seperti orang dewasa, sebuah penelitian menemukan bahwa anak-anak membawa jumlah viral load yang sama dengan orang dewasa dan dengan tidak tersedianya vaksin untuk mereka, mereka lebih mungkin menularkan virus ke orang lain.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Infectious Diseases, tingkat virus yang tinggi sesuai dengan virus hidup yang menular, dan tingkat itu paling tinggi pada awal penyakit pada anak-anak yang bergejala dan tidak bergejala, demikian dikutip dari Times of India.

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Penelitian ini dipimpin oleh tim dari Massachusetts General Hospital (MGH), Brigham and Women's Hospital, Ragon Institute, MIT dan Harvard. Mereka mempelajari 110 anak berusia dua minggu hingga 21 tahun yang dinyatakan positif Covid-19 di MGH atau klinik perawatan darurat.

Anak mencuci tangan

Photo :
  • Times of India
Membangun Kebiasaan Makan Sehat pada Anak, Peran Orang Tua dalam Memilih Camilan

Para peneliti tidak menemukan korelasi antara usia anak-anak dan jumlah viral load mereka. Yang meyakinkan, mereka juga menemukan bahwa viral load tidak memiliki korelasi dengan tingkat keparahan penyakit pada anak-anak itu sendiri, tetapi kekhawatiran tetap ada pada mereka dan orang-orang di sekitar mereka.

"Anak-anak dapat membawa virus dan menginfeksi orang lain," kata Lael Yonker, ahli paru anak di MGH.

“Ada pertanyaan tentang apakah viral load yang tinggi pada anak-anak berkorelasi dengan virus hidup. Kami dapat memberikan jawaban pasti bahwa viral load yang tinggi ini menular,” tambah Yonker.

Bisakah anak-anak berkontribusi pada penyebaran varian yang muncul?

Varian baru yang muncul telah membuatnya semakin sulit untuk mengatasi virus mematikan. Karena varian COVID-19 terus bermunculan, anak-anak yang terinfeksi berpotensi menjadi "waduk" untuk evolusi varian baru serta potensi penyebar varian saat ini.

"Anak-anak dengan COVID-19, meskipun tanpa gejala, menular dan dapat menampung varian SARS-CoV-2. Varian berpotensi berdampak pada tingkat keparahan penyakit dan kemanjuran vaksin, seperti yang kita lihat dengan varian Delta. Kultur virus hidup, kami menemukan berbagai macam varian genetik. Varian baru berpotensi lebih menular dan juga membuat anak-anak lebih sakit," kata Yonker.

Orang dewasa dan anak-anak dapat membawa viral load yang tinggi

Lebih lanjut, viral load anak-anak di rumah sakit tidak berbeda dengan yang ditemukan pada orang dewasa yang dirawat di rumah sakit, menurut penelitian.

Bukti serupa dikutip oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menunjukkan bahwa bila dibandingkan dengan orang dewasa, anak-anak "kemungkinan memiliki viral load yang sama di nasofaring mereka, tingkat infeksi sekunder yang serupa, dan dapat menyebarkan virus ke orang lain".

Studi ini menyerukan peningkatan kesadaran terhadap COVID pediatrik dan menerapkan program pengujian yang lebih luas untuk anak-anak karena mereka merupakan komponen penting dalam perang melawan COVID-19.

Di banyak negara, anak-anak sudah mulai menerima vaksin COVID-19. Tidak hanya membuat mereka tetap aman dan terlindungi dengan baik dari virus, tetapi juga membantu mengekang penyebaran virus ke populasi rentan lainnya di masyarakat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya