6 Manfaat Permainan Edukatif, Si Kecil Makin Pintar & Kreatif Moms!

Ilustrasi ibu dan anak/parenting/anak bermain.
Sumber :
  • Freepik/gpointstudio

VIVA – Anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi untuk mengeksplorasi dan mempelajari hal-hal baru. Orang tua dapat membantu si kecil tumbuh dan memahami lingkungan dengan memberikan permainan edukatif.

Tips Sukses dari Konten Kreator Abibayu, Always On dan Inovasi Kreatif

Dikutip dari laman Playgroup Professionals, Mainan edukatif mendukung perkembangan anak-anak dengan meningkatkan IQ, memuaskan rasa ingin tahu, membantu si kecil belajar tentang dunia di sekitar dan juga merupakan sumber kesenangan yang luar biasa.

Desain mainan edukatif yang berbeda juga mendorong kreativitas pada anak. Hal ini sejalan dengan tagline Never Ending Fun sebagai tema ulang tahun ke-22 Kidz Station dengan terus menemani anak Indonesia dalam berkreasi dan menstimulasi keterampilan lainnya melalui mainan.

Muncul Poster 'Kandidat Menteri Kabinet Prabowo', Gerindra: Ngarangnya Kreatif

Senior General Manager Kidz Station dari PT MAP Aktif Adiperkasa Tbk, Ibu Yoke Latif, mengatakan hadirnya Kidz Station sampai saat ini adalah berkat seluruh masyarakat, terutama anak-anak Indonesia yang telah menjadikan sebagai happy place saat bersama keluarga. 

"Walaupun selama pandemi Kidz Station tidak merayakan ulang tahun secara langsung, kami sangat senang tahun ini dapat kembali merayakan bersama anak-anak di seluruh Indonesia melalui donasi mainan yang kami lakukan," ujarnya dikutip dari keterangan pers Kidz Station.

11 TPS Ini Kreatif Banget Anti Mainstream, Tema Valentine hingga Neraka

Ilustrasi papan permainan ular tangga

Photo :
  • Pixabay

Sebagai bentuk komitmen untuk terus menjadi tempat kebahagiaan anak-anak, Kidz Station akan mendistribusikan sebanyak 5000 mainan kepada anak-anak yang membutuhkan melalui beberapa pihak yang berfokus kepada kesejahteraan anak-anak seperti yayasan, non-profit organization, institusi pendidikan, dan rumah sakit di seluruh Indonesia.

Tahun ini, perayaan ulang tahun Kidz Station ditujukan untuk mengapresiasi seluruh masyarakat, terutama anak-anak, yang telah berkontribusi positif di lingkungan sekitar. 

Bicara mengenai mainan yang tepat, dianjurkan anak yang lebih kecil memilih mainan yang berwarna-warni yang akan membangkitkan minat mereka. Sedangkan mainan yang rumit seperti puzzle kayu dapat menarik perhatian anak yang lebih besar.

Lantas, apa saja sebenarnya manfaat anak bermain mainan edukatif? Berikut ulasan selengkapnya:

Membantu dalam Meningkatkan IQ
Mainan edukatif dirancang sedemikian rupa sehingga meningkatkan literasi, koordinasi tangan-mata, menghafal, keterampilan motorik dan keterampilan identifikasi anak-anak.

Anak-anak yang dengan tepat mengembangkan keterampilan ini cenderung meningkatkan IQ mereka secara bertahap.

Karena mainan edukatif dimaksudkan untuk menyenangkan dan menyenangkan, anak-anak dapat memiliki cukup waktu untuk pembelajaran mendetail dan retensi keterampilan praktis.

Meningkatkan Perkembangan Indra
Berbagai jenis mainan edukatif terkait dengan perkembangan indera tertentu. Indera paling umum yang ingin dikembangkan oleh mainan edukatif meliputi indera peraba, penglihatan, dan pendengaran.

Misalnya, mainan cerah dengan warna berbeda meningkatkan indera penglihatan.

Di sisi lain, indera pendengaran dapat ditingkatkan dengan mainan yang menghasilkan suara yang berbeda. Saat anak-anak tumbuh dengan menggunakan mainan edukatif, ada suara, bahan, dan warna yang akan mereka sukai.

Dengan cara ini, mereka dapat mengungkapkan bagaimana perasaan mereka tentang pengalaman individu. Alhasil, anak-anak dapat memiliki kepribadian yang berkembang dan meningkatkan keterampilan komunikasi mereka.

Meningkatkan Pengembangan Keterampilan Pemecahan Masalah
Salah satu pentingnya mainan edukatif adalah kemampuannya untuk menantang pikiran seorang anak. Mainan seperti puzzle kayu mendorong anak-anak untuk berpikir saat mereka mengikuti urutan langkah demi langkah untuk memecahkan masalah tertentu.

Teka-teki yang berbeda bervariasi dalam komplikasi. Semakin rumit teka-teki, semakin banyak energi, perhatian, dan pemikiran yang dibutuhkan dari anak-anak.

Beberapa mainan edukatif seperti permainan tutup kotak memungkinkan anak memecahkan masalah matematika. Saat mereka belajar bagaimana memecahkan teka-teki dan memberikan solusi matematika menggunakan mainan ini, mereka dapat menangani masalah kehidupan nyata dengan lebih efisien.

Saat mereka memikirkan berbagai cara mereka dapat memecahkan teka-teki, pikiran mereka tumbuh dan seiring waktu, mereka akan mengembangkan keterampilan memecahkan masalah.

Peningkatan Kreativitas
Anak-anak dilahirkan dengan rasa ingin tahu yang luar biasa. Dalam upaya mereka untuk memahami lingkungan di sekitar mereka, anak-anak dengan rasa ingin tahu menjelajahi benda-benda di sekitarnya.

Dengan mainan edukatif yang menyenangkan untuk anak-anak, ada pengalaman bermain imajinatif yang aman, perancangan dan pembangunan yang kreatif, eksperimentasi, dan eksplorasi.

Peningkatan Perkembangan Emosional dan Sosial
Mainan edukatif tidak hanya membantu dalam pengembangan keterampilan tetapi juga pengembangan keterampilan sosial dan emosional di antara anak-anak. Sebagian besar mainan edukatif yang tersedia untuk anak-anak mengharuskan anak-anak untuk bermain dan berinteraksi dengan anak-anak lain atau orang dewasa.

Saat bermain dengan anak lain, anak akan menemukan isyarat sosial dan emosional seperti marah, tertawa, dan menangis. Dengan cara ini, mereka dapat memahami dan beradaptasi dengan berbagai situasi emosional.

Penggunaan mainan edukatif berkisar pada aktivitas seperti kapten, berbagi, menunggu giliran, dan bersenang-senang, yang merupakan atribut penting untuk perkembangan sosial.

Peningkatan Konsentrasi
Anak-anak memiliki rentang konsentrasi yang minimal. Mereka dengan cepat melepaskan diri dan tidak tertarik pada hal-hal dan orang-orang juga. Tanpa alat yang tepat, mereka kemungkinan akan kehilangan banyak hal dalam bidang akademik dan aktivitas lainnya.

Di sinilah mainan edukatif masuk. Mereka membuat belajar menjadi menyenangkan dan mudah diatur, dan mereka meningkatkan minat anak untuk belajar. Dengan mainan ini, anak-anak dapat memperoleh keterampilan baru sambil menikmati permainan mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya