Yuk Latih Kebiasaan Makan Sehat Si Kecil, Manfaatnya Luar Biasa

Ilustrasi parenting/orangtua dan anak/anak makan.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Setiap mom menginginkan si kecil untuk tumbuh sehat dan kuat, bukan hanya secara fisik namun juga secara emosional dan mental. Masa kanak-kanak adalah masa kritis dalam tumbuh kembang seseorang serta merupakan tahapan kunci dalam pembentukan fisik dan kemampuan mentalnya.

5 Manfaat Puasa untuk Penderita Diabetes, Pengelolaan Gula Darah yang Efektif

Asupan gizi yang seimbang memainkan peran yang sangat penting dalam mendukung tumbuh kembang anak yang optimal. Asupan gizi seimbang juga bisa bantu menanamkan kebiasaan makan sehat yang baik dan pengetahuan akan nutrisi tersebut bisa diterapkan si kecil sepanjang hidupnya.

“Si kecil memiliki lambung yang lebih kecil dari orang dewasa sehingga ia akan makan dengan porsi yang kecil-kecil dulu," ujar dokter spesialis anak, dr. Attila Dewanti Poerboyo Sp. A (K), dalam keterangan pers Greenfields.

Rahasia Cantik Alami: Ini Manfaat Luar Biasa Belimbing Wuluh untuk Kesehatan dan Kecantikan

Nah, untuk melengkapi asupan gizi seimbang harian dan mengimbangi energi yang dibutuhkan untuk menunjang aktivitasnya sehari-hari termasuk belajar dan bermain, di sela-sela makanan pokok, si kecil membutuhkan camilan. Namun, jangan sembarang dalam memberikan camilan ya.

Makanan terbaik untuk kesehatan jantung

Photo :
  • U-Report
Bukan Cuma Mengatasi Jerawat, Ketahui Manfaat Buah Tomat pada Kesehatan Kulit dan Wajah

"Orang tua perlu cermat dalam memilih camilan yang baik, sehat dan bernutrisi. Jika si kecil terbiasa mengkonsumsi camilan yang kurang baik terus-menerus maka ini akan bisa mengganggu sistem imunnya," imbuhnya.

Diperkirakan bahwa 15-25 persen penyakit anak-anak disebabkan karena pemilihan camilan yang kurang tepat. Seperti yang disampaikan oleh dr. Attila Dewanti Poerboyo Sp. A (K), camilan sehat sama pentingnya dengan makanan utama. Bantu tanamkan kebiasaan makan yang baik untuk si kecil dengan memberikan contoh yang baik baginya, yang bisa membantu menjaga berat badan seimbang si kecil dan mengalami pertumbuhan yang baik.

Kebiasaan makan baik dari usia dini juga akan membantu si kecil menjalankan gaya hidup sehat saat ia tumbuh dewasa. Selain memberikan contoh yang baik bagi si kecil, berikut beberapa saran untuk membantu menanamkan kebiasaan makan yang baik untuk si kecil.

Makan bersama

Atur waktu makan dengan seluruh keluarga. Usahakan untuk selalu makan bersama si kecil baik itu untuk santapan utama maupun menikmati camilan sehat. Berikan makanan yang bervariasi dan seimbang dari semua kelompok sumber zat gizi. 

Mudah dicerna

Berikan makanan yang bisa dengan mudah dicerna oleh anak, seperti makanan yang sudah dipotong-potong kecil ataupun ditumbuk halus. Bantu si kecil belajar menggunakan sendok atau milih camilan dengan kemasan siap santap. 

Ajak berkreasi

Libatkan si kecil saat memilih dan mempersiapkan hidangan dan menata meja makan. Jangan gunakan sembarang camilan sebagai “iming-iming”. Berikan pilihan camilan sehat seperti buah-buahan dan yogurt.

Seperti Greenfields Kids' Yogurt Pouch hadir dengan 4 pilihan rasa baru yang bermanfaat sebagai Probiotik adalah bakteri baik untuk kesehatan usus yang dapat membantu memperlancar pencernaan dan mengeluarkan bakteri buruk dari tubuh anak. 

Juga, Kalsium karena terbuat dari susu, yogurt mengandung kalsium yang baik untuk tulang dan gigi anak. Serta, Serat Pangan  yang membantu menormalkan pergerakan usus, mendukung kesehatan usus, menurunkan kolesterol, membantu kamu dalam mencapai berat badan ideal.

Pilihan sehat

Ajarkan anak untuk membaca label pada kemasan makanan saat berbelanja. Berikan juga jenis camilan sehat dengan rasa menarik seperti varian rasa buah strawberry, mangga, hingga leci. Kurangi makanan siap saji di restoran. Tunjukkan pentingnya menikmati makanan bersama keluarga dengan hidangan sehat yang dimasak di rumah. 

"Pilihlah camilan yang mengandung nutrisi baik yang menyehatkan seperti yogurt yang punya kandungan susu dan juga bakteri sehat yang sangat baik untuk pencernaan anak-anak, karena di dalam sistem pencernaan si Kecil terdapat komponen sistem imun yang berperan besar dalam daya tahan tubuhnya," imbuh dokter Attila.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya