1 dari 3 Anak Dalam Kondisi Perut Kosong Selama Jam Sekolah

Ilustrasi anak pakai masker.
Ilustrasi anak pakai masker.
Sumber :
  • Freepik/jcomp

VIVA – Survei Foodbank of Indonesia (FOI) yang dilakukan di 12 Kabupten/kota pada 2020 mencatat 1 dari 3 anak berada dalam kondisi perut kosong atau dalam kondisi lapar tersembunyi (hidden hunger) selama jam sekolah. Bahkan, di perkotaan angka tersebut bisa mencapai 40-50 persen.

CEO Foodbank of Indonesia Hendro Utomo mengatakan, situasi ini tentu mengkhawatirkan, mengingat kualitas kesehatan anak saat ini, akan berimplikasi pada kualitas generasi yang akan datang. Belum lagi, kata dia, di masa pandemi seperti saat ini akses pangan yang terbatas pada orang rentan.

“Situasi pandemi ini memberi kesedihan terutama bagi orang yang rentan, khususnya pada keterbatasan akses pangan. Bulan Oktober ini merupakan bulan yang cukup penting bagi kami, yaitu adanya momen peringatan Hari Pangan Sedunia yang jatuh setiap tanggal 16 Oktober. Pasalnya, pangan adalah hak dasar manusia yang harus dipenuhi dengan layak, termasuk akses pangan bagi anak-anak,” kata dia dalam keterangannya, Senin, 18 Oktober 2021.

Melihat kenyataan itu, dalam momen peringatan Hari Pangan Sedunia pada 16 Oktober, PT Frisian Flag Indonesia (FFI) bersama dengan PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk (Alfamart) menyerahkan produk donasi berupa 100 ribu kotak susu cair anak FRISIAN FLAG Milky kepada Foodbank of Indonesia (FOI) sebagai mitra penyalur untuk diberikan kepada anak-anak yang membutuhkan di 17 daerah di Indonesia. Penyaluran donasi ini merupakan bagian dari upaya memberikan akses pangan lebih sehat dalam upaya meningkatkan status gizi anak-anak Indonesia.

“Kegiatan ini menjadi bagian dari komitmen kami dalam memberikan akses terhadap produk pangan bergizi baik, kepada lebih banyak anak-anak Indonesia. Kami berharap kedepannya bentuk kemitraan seperti ini dapat terus berjalan. Kolaborasi merupakan salah satu kunci dalam upaya mewujudkan visi dan misi perusahaan, yang nantinya dapat terwujud keluarga Indonesia yang sehat, sejahtera dan selaras,” ujar Corporate Affairs Director PT Frisian Flag Indonesia Andrew F. Saputro.

Corporate Communication GM Alfamart Nur Rachman menyampaikan berharap bantuan ini dapat menyasar ke komunitas-komunitas dan daerah yang membutuhkan, seperti Indonesia bagian timur.

“Ke depannya, semoga kita dapat terus melakukan kolaborasi dan terus membawa manfaat bagi masyarakat Indonesia,” kata Nur Rachman.