Pentingnya Si Kecil Imunisasi Dasar, Perhatikan Hal Ini ya Moms!

Ilustrasi bayi/anak/parenting.
Ilustrasi bayi/anak/parenting.
Sumber :
  • Freepik/bristekjegor

VIVA – Imunisasi merupakan cara yang aman dan efektif untuk mencegah penyakit dan menyelamatkan nyawa. Namun, di tengah pandemi COVID-19, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) mengalami penurunan cakupan imunisasi yang cukup signifikan yaitu sebesar 56,9 persen.

Hal ini sangat disayangkan mengingat imunisasi dasar yang lengkap berperan dalam memberi perlindungan anak dari risiko terpapar COVID-19 maupun penyakit KLB PD3I (Kejadian Luar Biasa Penyakit yang Dapat Dicegah dengan Imunisasi).

Menyikapi kondisi imunisasi di masa pandemi COVID-19 yang masih berjalan sampai saat ini, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) telah melakukan pemutakhiran Rekomendasi Pelayanan Imunisasi Rutin Anak pada Masa Pandemi Covid-19 tanggal 27 Juli 2021 lalu.

Pemutakhiran ini merupakan hasil pertimbangan dari peninjauan pemberian imunisasi rutin saat awal pemberlakuan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat, situasi terkini pandemi COVID-19 serta perpanjangan PPKM oleh pemerintah. Apa saja?

Kejar imunisasi dasar di daerah

Anak divaksin COVID-19 (foto ilustrasi).
Photo :
  • Northwell Health

Anak divaksin COVID-19 (foto ilustrasi).

Dalam pemutakhiran Rekomendasi Pelayanan Imunisasi Rutin Anak pada Masa Pandemi COVID-19 IDAI merekomendasikan agar semua anggota IDAI di daerah PPKM kembali melanjutkan layanan imunisasi, terutama imunisasi kejar secara simultan dengan mempertimbangkan risiko di masing-masing fasilitas kesehatan serta menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk tenaga kesehatan maupun pasien.