Tak Hanya Operasi, Ini Cara Atasi Mata Juling Anak

Anak berkacamata.
Sumber :
  • Pixabay/Publikdomainpictures

VIVA – Mata juling atau dikenal dengan istilah medis strabismus terjadi saat mata tidak sejajar atau melihat ke arah berbeda. Kondisi mata ini tentunya membuat aktivitas terhambat lantaran penglihatan terganggu.

Hari Buku Sedunia, Starbucks Indonesia Serahkan 8.769 Buku untuk Anak-anak

Pada strabismus terdiri dari empat kondisi yaitu ke dalam (disebut esotropia atau mata juling), ke luar (exotropia), ke atas (hipertropia), dan ke bawah (hipotropia). Terkadang, kondisi strabismus sangat terlihat. Di lain waktu, itu mungkin hanya diperhatikan ketika seorang anak lelah atau melihat sesuatu dengan sangat dekat.

Maka dari itu, orang tua perlu mengenali kondisi mata anak dengan saksama. Kondisi strabismus sendiri biasanya dapat diperbaiki jika ditemukan dan diobati secara dini. Jika tidak diobati, otak pada akhirnya akan mengabaikan gambar visual dari mata yang lebih lemah.

Geger Seorang Remaja Alami Hal mengerikan Ini Gegara Ikut Challenge di Sosmed

Perubahan ini disebut ambliopia, atau mata malas, dapat membuat penglihatan kabur, menyebabkan penglihatan ganda, dan membahayakan persepsi kedalaman anak (melihat dalam 3D). Masalah ini dapat menjadi permanen jika tidak ditangani.

Penyebab strabismus

UNICEF Desak Aksi Global untuk Melindungi Anak-Anak dari Senjata Peledak Mematikan

Dikutip dari laman Kids Health, Anak-anak dapat dilahirkan dengan strabismus atau mengembangkannya di masa kanak-kanak. Seringkali, ini disebabkan oleh masalah pada otot yang menggerakkan mata, dan dapat diturunkan dalam keluarga.

Sebagian besar anak-anak dengan strabismus didiagnosis ketika mereka berusia antara 1 dan 4 tahun. Jarang, seorang anak mungkin mengalami strabismus setelah usia 6 tahun. Jika ini terjadi, penting bagi anak untuk segera menemui dokter untuk menyingkirkan kondisi lain.

Ilustrasi mata minus pada anak.

Photo :
  • U-Report

Tanda-tanda dini strabismus

Kebanyakan anak-anak dengan strabismus tidak mengeluhkan masalah mata atau melihat perubahan dalam penglihatan mereka. Biasanya, anggota keluarga, guru, atau penyedia layanan kesehatan yang memperhatikan bahwa matanya tidak lurus.

Beberapa anak mungkin mengeluhkan penglihatan ganda (melihat dua objek ketika hanya ada satu yang terlihat) atau mengalami kesulitan melihat sesuatu secara umum. Masalah ini juga dapat memengaruhi keterampilan membaca dan pembelajaran di kelas.

Anak-anak yang lebih kecil yang belum berbicara mungkin banyak menyipitkan mata dan menoleh atau memiringkan kepala mereka untuk melihat lebih jelas.

Jika anak Anda memiliki salah satu dari tanda atau gejala ini, beri tahu penyedia layanan kesehatan Anda. Ia dapat merujuk Anda ke dokter spesialis mata anak untuk mendapatkan perawatan, jika diperlukan.

Penanangan strabismus

Semakin dini strabismus diobati, semakin baik. Ini karena koneksi kunci antara mata dan otak anak terbentuk pada usia sekitar 8 tahun. Perawatan untuk strabismus ada empat, antara lain kacamata, penutup mata, obat tetes mata, dan terakhir operasi otot mata. 

Terkadang, memakai kacamata cukup untuk meluruskan mata. Jika tidak, seorang anak mungkin akan diberi penutup mata untuk dikenakan di atas mata lurus selama beberapa jam sehari. Tambalan ini membuat mata yang lebih lemah melakukan pekerjaan "melihat". Seiring waktu, otot dan penglihatan di mata yang lebih lemah menjadi lebih kuat.

Membuat bayi atau balita menerima pemakaian penutup mata bisa menjadi tantangan. Tetapi kebanyakan anak-anak terbiasa dengan tambalan itu. Mengenakannya menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari mereka, seperti berpakaian di pagi hari.

Namun, terkadang, anak-anak menolak untuk memakai penutup mata. Maka pilihannya adalah memakai obat tetes mata (disebut tetes atropin) sebagai gantinya. Sama seperti penutup mata menghalangi penglihatan di mata lurus, tetes atropin untuk sementara mengaburkan penglihatan di mata itu. Hal ini membuat mata yang lemah bekerja lebih keras sehingga otot mata dan penglihatan menjadi lebih kuat.

Jika kacamata, penutup mata, dan atau tetes atropin tidak dapat memperbaiki strabismus anak, operasi otot mata mungkin diperlukan. Pembedahan melibatkan mengendurkan atau mengencangkan otot-otot yang menyebabkan mata mengembara. Sebagian besar anak dapat pulang pada hari yang sama usai operasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya