Pentingnya Kebahagiaan Para Ibu di Masa Pandemi, Begini Triknya

Ilustrasi ibu dan anak/parenting.
Sumber :
  • Freepik/bristekjegor

VIVA – Seorang Ibu memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung tumbuh kembang anak. Riset menunjukkan bahwa kebahagiaan Ibu mampu memengaruhi pola asuhnya terhadap anak. Maka dari itu, menjaga kebahagiaan dari seorang Ibu merupakan salah satu kunci sukses dalam proses perkembangan anak sejak dini.

Bansos Sembako dan PKH Kembali Disalurkan, Pos Indonesia Wanti-wanti Ini

Psikolog Klinis Dewasa & Keluarga, Dessy Ilsanti mengatakan bahwa menjaga kesehatan dan kebahagiaan dari seorang Ibu adalah hal yang tidak kalah penting khususnya di masa pandemi yang penuh dengan perubahan dan kekhawatiran ini, dalam menjalankan perannya pada proses tumbuh kembang anak. 

"Menghadapi masa pandemi ini, ada beberapa tips bagi para Ibu untuk mengelola stress, mulai dari mengelola fokus pada hal-hal yang bisa dikontrol dan ada pada masa kini," ujarnya dalam acara virtual Bebemoms Community Day, Sabtu 30 Oktober 2021.

Ceritakan Pengalaman Mistis, Inul Daratista Pernah Muntah Darah

Selain itu, para ibu bisa melakukan self care yang dilakukan dengan cara-cara yang bermanfaat memberi rasa santai dan rileks seperti memakai masker, aroma terapi, atau sekedar pijat cepat. Kebutuhan interaksi sosial juga bisa menjadi trik agar para ibu tetap ceria seperti melalui video call virtual maupun menjalin kedekatan di komunitas.

"Kelola stres dengan melakukan self-care, hingga menjaga silaturahmi atau interaksi sosial dalam lingkungan sosial yang dipilih," ujarnya.

Tantrum pada Anak, Apakah Ada Kaitannya dengan Makanan yang Dikonsumsi Sang Ibu Selama Kehamilan?

Tentunya, lanjut Dessy, support system menjadi salah satu sumber penguat bagi para Ibu melalui interaksi dan konsultasi antar anggota di dalamnya. Bentuk support system terbaik bagi seorang Ibu bisa didapatkan melalui komunitas maupun lingkungan terdekatnya. 

“Terlebih lagi, dalam menghadapi perubahan di masa pandemi ini, hadirnya sebuah wadah untuk dapat saling berbagi dan saling mendukung antar sesama Ibu dalam menyesuaikan perannya di rumah dapat memiliki arti tersendiri bagi para Ibu,” kata Dessy Ilsanti.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya