10 Tips Berkendara Aman dengan Balita, Jangan Sampai Lengah!

Ilustrasi bayi car seat
Sumber :
  • Pixabay/Publicdoaminpictures

VIVA – Terkadang dalam kondisi terjepit, orangtua terpaksa harus membawa buah hati untuk ikut bepergian. Nah, jika bunda bepergian dengan membawa kendaraan sendiri, memerhatikan keselamatan anak adalah yang utama.

Tantrum Anak Bukan Hal Seram! Ini Rahasia Mengatasinya dengan Bijak

Selain mengemudi dengan pelan dan aman, orangtua juga harus mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan saat ibu dan anak berada di dalam mobil.

Berikut beberapa tips yang harus diperhatikan saat ingin membawa anak berkendara dengan mobil, dilansir dari laman Indian Express, Senin, 8 November 2021.

Yang Harus Dilakukan Orang Tua Saat Anak Mulai Sakit, Dokter: Jangan Diajak ke Mall!

Car seat bayi di mobil.

Photo :

1. Pasangkan sabuk pengaman dengan benar

Trik ala Tasya Kamila agar Anak Gak Gampang Sakit, Bisa Dicontek Bun!

Pastikan buah hati bunda mengenakan sabuk pengaman sebelum berkendara. Meski mengemudi dengan lambat, tetapi kita tidak bisa mengantisipasi bahaya apa yang menghadang di depan. Jadi, pastikan untuk memasang sabuk pengaman dengan benar.

2. Kenakan sabuk pangkuan dan bahu

Jika memiliki sabuk yang berbeda untuk pangkuan dan bahu, maka pasangkan keduanya pada buah hati. Biasanya, kedua sabuk diikat menjadi satu. Jadi, perhatikan sekeliling dengan cermat.

3. Disiplin di dalam mobil

Anak-anak biasanya merasa senang ketika diajak bepergian. Namun dengan tetap memerhatikan keselamatan, harus ada aturan di dalam mobil. Beri tahu anak agar tidak menyentuh setir. Selain itu, jangan perbolehkan anak untuk melompat atau berguling-guling di dalam mobil.

4. Kencangkan sabuk pengaman secara terpisah

Jika membawa dua anak, jangan gunakan sabuk pengaman yang sama. Pastikan ibu menggunakan sabuk pengaman secara terpisah agar lebih aman bagi mereka.

5. Tempatkan anak di belakang

Adalah keputusan bijak jika ibu dan anak duduk di kursi belakang. Biasanya, airbag berfungsi untuk melindungi orang yang memiliki perawakan atau tubuh yang lebih lebar. Juga, ada lebih banyak kemungkinan cedera jika duduk di depan.

Ilustrasi car seat

Photo :

6. Patuhi peraturan lalu lintas

Sangat penting untuk mematuhi peraturan lalu lintas. Jangan mengemudi dengan terburu-buru, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Jadi, berkendaralah dengan aman dan perlahan.

7. Jangan main ponsel

Hindari menggunakan ponsel saat mengemudi. Bermain ponsel dapat mengalihkan perhatian dan meninggalkan kesan buruk pada anak-anak. Jika harus menerima telepon penting, parkirlah lebih dulu baru menjawab telepon.

8. Sediakan kursi mobil bayi

Jika bayi terlalu kecil, orangtua harus membawa kursi mobil bayi dan menempatkan bayi di dalamnya untuk memastikan keamanannya. Cara ini bahkan membantu melindungi bayi dari hentakan dan lompatan mobil.

9. Pasang kunci anak

Selalu pasang sistem kunci anak jika mengemudi bersama bayi. Ini adalah cara terbaik untuk memastikan keselamatannya.

10. Jangan tinggalkan anak sendirian

Jangan sekali-kali meninggalkan anak sendirian di dalam mobil. Ini dapat menyebabkan anak mengalami mati lemas dan sudah terbukti berbahaya bagi bayi. Jadi, bawalah mereka bersama jika meninggalkan mobil.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya