Anak Galak Sama Orang Lain, Kenali Penyebab dan Cara Menghadapinya

Ilustrasi anak nakal.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Setiap anak memang memiliki sikap masing-masing saat bertemu dengan orang lain. Ada yang mudah bersosialisasi dan bersikap ramah terhadap orang yang baru dikenal atau orang di sekitarnya.

Anutusias Punya Anak Perempuan, Alyssa Soebandono Sampai Lakukan Hal Ini

Namun, ada juga anak yang bersikap tidak ramah dan galak terhadap orang lain. Anak yang bersikap galak terhadap orang lain pasti memiliki alasan mengapa ia bersikap demikian. Berikut ini alasannya.

1. Menghadapi Situasi yang Mengecewakan
Beberapa anak bertindak karena mereka merespons dengan cara yang mereka anggap normal terhadap situasi yang membuat mereka kesal. Apa yang mereka lakukan bisa jadi merupakan bentuk pelampiasan atas situasi yang sedang mereka hadapi. Misalnya saat si kecil baru saja dimarahi, lalu ia merasa tidak nyaman. Ia pun bisa saja melampiaskan ketidaknyamanannya tersebut kepada orang yang ditemui.

Skenario Tante Bunuh Keponakan di Tangerang, Ambil Perhiasan Korban Biar Dikira Kasus Pencurian

2. Memiliki Masalah Sensorik
Dalam beberapa kasus, anak bersikap galak saat memiliki masalah sensorik yang tidak dikenali, seperti gangguan pemrosesan sensorik. Banyak anak dengan gangguan autis yang memiliki tantangan sensorik yang membuat penglihatan dan suara bisa menyakitkan mereka secara fisik.

3. Mencari Perhatian
Pasti ada beberapa anak yang bersikap tidak semestinya sebagai sarana untuk mencari perhatian. Ada baiknya untuk menggunakan berbagai strategi pengasuhan positif untuk anak-anak yang sering mencari perhatian melalui perilaku negatif.

Terungkap, Arti Nama Anak Perempuan Dude Harlino dan Alyssa Soebandono

4. Kesulitan Berkomunikasi
Yang paling sering terjadi saat anak bersikap negatif pada orang lain adalah kesulitan berkomunikasi. Anak kesulitan menyampaikan apa yang ia rasakan. Bisa jadi saat ia bertemu dengan orang lain, ia sedang dalam keadaan lapar atau mengantuk.

5. Anak Belum Familier dengan Orang yang Ditemui
Seorang anak sering kali bersikap galak saat ia belum mengenal orang yang ia temui. Wajar bila si kecil memerlukan waktu untuk mengobservasi orang yang baru pertama kali mereka lihat.

Parents tentu tidak ingin, kan, anak selalu bersikap galak pada orang lain? Berikut ini cara mengatasi anak galak:

1. Tetapkan Harapan yang Jelas
Utarakan dengan jelas, mana sikap yang boleh ditunjukkan si kecil dan mana yang tidak boleh. Menyampaikan harapan dan aturan keluarga dengan jelas, membuat si kecil memahami bahwa ada hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

2. Perkuat Nilai Dalam Keluarga
Cari kesempatan untuk mendiskusikan nilai-nilai keluarga dengan anak. Untuk anak yang lebih kecil, Anda bisa mengumpamakannya dengan sesuatu yang mudah dipahami. Misalnya dengan menghubungkannya pada tokoh kartun favoritnya. Orang tua bisa membuat pengandaian, misalnya ada satu karakter kartun yang bersikap galak pada yang lain, bagaimana perasaannya.

Untuk mengetahui ulasan selengkapnya klik tautan berikut ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya